IBL Pertamax 2020

Tundukkan Bima Perkasa, Pelita Jaya Koleksi Kemenangan Ketiga

Hermansyah
Tundukkan Bima Perkasa, Pelita Jaya Koleksi Kemenangan Ketiga
Pemain asing Pelita Jaya, Dior Lowhorn menjadi pemain tersubur saat menundukkan Bima Perkasa di Seri II Bandung

Bandung, HanTer - Tim basket Pelita Jaya Bakrie sukses menundukkan Bank BPD DIY Bima Perkasa dengan skor 67-53 di hari terakhir Seri II IBL Pertamax 2020 ketika berlangsung di GOR C'Tra Arena Bandung, Minggu (19/1/2020).

Bima Perkasa yang menurunkan David Seagers, Farida Aris Susanto, R. Azzaryan Pradhitya, Raily Pratama dan Devin Gilligan sebagai starter, berhadapan dengan starting five Pelita, seperti Respati Ragil Pamungkas, Kevin Bridgewaters, Adhi Pratama Prasetyo, Govinda Julian Saputra dan Dior Lowhorn.

Bersaing ketat, keduanya meraih angka sama yakni 9-9 pada lima menit awal, namun pada akhirnya Pelita menutup kuarter pertama dengan skor 18-13.

Kuarter kedua pertarungan masih berlangsung sengit. Lima menit awal kuarter ini, Pelita hanya unggul tipis 19-17. Mereka kemudian mencoba lebih agresif dan akhirnya menutup babak pertama dengan skor 31-21.

Bima Perkasa yang defisit 10 angka di jeda, coba mengejar pada kuarter ketiga, namun Pelita Jaya akhirnya bisa menjaga marjin. Kuarter ini ditutup Pelita Jaya dengan keunggulan12 angka, yakni 51-43.

Memasuki kuarter keempat, pressure Pelita menyulitkan Bima Perkasa, Pelita melaju 58-43. Tembakan tiga angka Stephen Battle menambah angka bagi Pelita, 61-43. Drive Gilligan menjadi angka pertama Bima Perkasa di kuarter akhir, 61-45 dilanjutkan tembakan tiga angka membuat selisih kian menipis.

Anak asuh Ocky Tamtelahitu itu memimpin dengan skor 61-48. Alan As'adi juga melesakkan three points namun sontak dibalas Ragil dengan tembakan tiga angka saat buzzer 64-51. Pelita akhirnya memenangi laga dengan selisih 14 angka, 67-53.

Dior Alexandros Lowhorn sukses mencetak double-double melalui 32 poin dan 14 rebounds, sehingga tetap menjadi pemain tersubur bagi Pelita Jaya. Sama halnya seperti yang dilakukan oleh Devin Richard Gilligan di kubu Bima Perkasa dengan menjadi topskorer melalui 20 poin dan 11 rebounds.

Kemenangan Pelita Jaya Bakrie atas Bank BPD DIY Bima Perkasa tentu saja menggembirakan bagi sang pelatih. Menurutnya, Para pemain menunjukkan kemauan dan usaha. "Laga tadi menunjukkan pondasi yang mau dibangun di Pelita Jaya. Hari ini semua dilakukan oleh tim. Saya juga memberi apresiasi pada pertahanan anak-anak," kata Ocky usai laga.

Jika pondasi sudah terbentuk, tambah Ocky, yang akan dilakukan selanjutnya adalah soal pematangan teknik. "Tak pernah ada kata puas, kita harus terus lebih baik," tuturnya.

Sementara itu, pelatih Bima Perkasa, Raoul Miguel Hadinoto mengeluhkan konsistensi permainan pasukannya. "Konsistensi dalam melakukan dan eksekusi game plan masih kurang. Banyak momentum yang tak bisa dimanfaatkan anak-anak," kata Raoul Miguel Hadinoto.

Pelatih yang akrab disapa Ebos bertekad melakukan evaluasi total sebelum menghadapi seri ketiga di Jakarta yang akan berlangsung pada 31 Januari mendatang. Hermansyah