SELEKSI TIMNAS U-19

Menanti 28 Pemain Pilihan Shin Tae Yong

Eka
Menanti 28 Pemain Pilihan Shin Tae Yong
Shin Tae-yong (ist)

Jakarta, HanTer - Saat mendebarkan tiba. Para pemain mulai dibuat tegang jelang diterbitkannya pengumuman resmi dari Shin Tae Yong selaku juru taktik untuk merilis 28 pemain yang akan dibawanya dalam pemusatan latihan atau TC di Thailand pada Senin (20/1/2020) mendatang.

Sebelumnya sebanyak 54 pemain kelahiran 2001 dan 2002 mengikuti seleksi timnas U-19  di Stadion Wibawa Mukti sejak Senin (13/1/2020) sampai Jumat (17/1/2020) kemarin. Namun pada akhirnya juru taktik Korea Selatan itu akan memangkas rencana yang semula menerbangkan 30 pemain hasil seleksi menjadi 28.

Namun mengenai siapa saja pemain yang terseleksi untuk masuk kedalam Timnas Indonesia U-19 yang akan dibawanya ke Thailand, Shin mengatakan akan diumumkan pada Sabtu (18/1/2020) ini. “Belasan pemain sebelumnya sudah dipulangkan, karena ada indikasi cedera dan tidak ingin mereka terkena kembali," kata dia, kemarin.

"Kemudian di sisa yang ada saat ini, saya ingin lebih meyakinkan diri agar bisa memilih mereka dengan baik. Ada 28 pemain nanti yang akan dibawa ke Chiang Mai. Tadinya saya akan seleksi 30 orang, namun saat ini saya dapatkan 28 pemain. Siapa saja pemainnya, bisa diketahui sehari setelah ini (seleksi terakhir kemarin -red)," paparnya.

Seperti diketahui, pada hari terakhir dari rangkaian proses seleksi Timnas Indonesia U-19, para pemain mengalami peningkatan kondisi stamina dan fisik yang baik. Hal tersebut diutarakan langsung oleh Shin yang sejak hari pertama terus memantau seleksi di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

“Jadi sejak mulai latihan pertama hari senin, pemanasan saja setelah itu pertandingan dilakukan setiap hari secara terus-terusan. Saya melihat setiap posisi kemampuan individu pemain berbeda-beda,” kata pria yang menjadi pelatih Korea Selatan di ajang Piala Dunia 2018 itu.

“Sebelum dan sesudah melihat pemain pemikiran saya berbeda. Setelah bersama saya, kemampuan mereka sangat bagus dari hari pertama hingga saat ini, mengalami peningkatan di segi kemampuan, stamina dan fisik mereka. Masalah paling besar memang di fisik, itu yang harus dibenahi kedepannya nanti saat pemusatan latihan. Kemampuan memang lebih bagus, daripada fisik mereka," urainya. 

Meski akan di umumkan Sabtu (18/1/2020) ini, setidaknya ada beberapa gambaran nama yang tidak disertakan Shin Tae Yong menjalani TC ke Negeri Gajah Putih, julukan Thailand. Diantaranya Beckham Putra Nugraha, Rendy Juliansyah, dan Jack Brown. Mereka sudah tahu lebih dahulu, karena sebelum diumumkan ke publik, para pemain sudah diberi keputusan oleh pelatih.

Beckham membenarkan tak berhasil lolos karena mengalami cedera hamstring. Dia sudah meninggalkan hotel pada Jumat (17/1/2020), untuk kembali ke Bandung. "Saya nggak masuk, soalnya ada masalah di hamstring kan. Saya juga nggak bisa main di internal game, Katanya saya nggak mungkin untuk dipaksakan, lebih baik dipulihkan maksimal," kata dia.

Senada dengan Beckham, Rendy Juliansyah juga gagal lolos seleksi. Pemain yang pernah memperkuat Timnas U-16 ini menjelaskan, bahwa dirinya sudah menerima keputusan dari pelatih. "Saya nggak lolos, sudah keputusan ini, karena itu saya kembali. Jack (Brown) juga nggak lolos," pungkasnya.

#SELEKSI   #timnasu19   #shintaeyong   #thailand   #tc   #20januari   #28pemain   #pssi