LAUNCHING TIM VOLI PROLIGA 2020

Tim Putri JPE Patok Target Juara Musim Ini

Eka
Tim Putri JPE Patok Target Juara Musim Ini
Tim voli putri JPE 2020 (Eka/HanTer)

Jakarta, HanTer - Tak puas dengan hasil akhir musim lalu, yakni sebagai runner-up Proliga 2019, tim putri Jakarta Pertamina Energi (JPE) telah menyusun kekuatan demi bersaing ketat meraih gelar juara pada kompetisi bola voli indoor bergengsi tanah air musim ini yang akan dimulai pada 24 Januari mendatang.

Untuk mewujudkan itu, tim putri JPE akan membawa 15 pemain sebagai kekuatan anyar mereka dalam mengarungi ketatnya persaingan musim ini. Kekuatan bertambah menyusul didatangkannya pelatih asing Ziya Radjabov alias Ziko. Pria berpaspor Azerbaijan itu pun optimis pasukannya mampu merebut gelar juara yang musim lalu diraih Jakarta Popsivo.

Ia menerangkan, sejatinya persiapan pasukannya terbilang minim meski pemusatan latihan telah bergulir November lalu di Lapangan Simprug, Kebayoran, Jakarta Selatan. Itu tak lepas setelah banyak pemain yang masuk kedalam skuad Indonesia di ajang SEA Games ke-30 Filipina, Desember 2019.

Alhasil, keseluruh pemain mulai efektif lengkap dalam skuad pada awal Januari 2020. Kendati demikian, hal tersebut tak membuat Ziko pesimis. Sebaliknya, melihat kemampuan yang ada didalam timnya, ia yakin anak asuhnya mampu menggapai target memenangkan gelar Proliga tahun ini.

"Memang, sebagian dari tim kami bergabung di timnas (Indonesia -red), jadi kami memiliki waktu sedikit menjalani latihan. Tetapi walaupun dalam waktu sangat sempit, Alhamdulillah kami bisa saling memahami dan membentuk tim yang bagus," kata Ziko kepada awak Media di Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Jumat (17/1/2020) kemarin.

"Jadi didalam bola voli ini kami menjadi tim penuh surprise. Kami ingin membuat tim lawan kaget ketika melihat permainan kami. Insya Allah tahun ini kami menjadi terkuat dan juara," sambung dia.

Tim voli putri JPE sendiri mendapatkan kesempatan istimewa dengan menggelar partai pembuka Proliga 2020 yang berlangsung di GOR Gelanggang Remaja, Pekanbaru, 24 Januari mendatang. Pada laga pertama mereka ditantang juara bertahan Popsivo. Ziko pun tak gentar menyambut itu. "Insya Allah di pertandingan pertama kami akan menjadi pemenang," tegasnya.

Selain tim putri, JPE juga mengenalkan kekuatan di tubuh tim putra. Sebanyak 17 pemain, dua diantaranya merupakan pemain asing. Meski begitu, tim putra dibawah asuhan pelatih Pascal Wilmar enggan mematok target muluk sebagai juara. Terpenting bagi sang pelatih ialah menduduki posisi lebih baik dari musim lalu yang bercokol di peringkat tiga.

Seperti diketahui, Proliga musim ini akan bergulir sebanyak sembilan seri yang dihelat di delapan kota hingga April mendatang. Tim JPE sendiri akan menjadi tuan rumah pada seri kedua yang berlangsung pada 31 Januari sampai 2 Februari 2020 di Purwokerto, Jawa Tengah.

Musim lalu, JPE menggunakan Yogyakarta sebagai home base mereka. Akan tetapi, kurangnya animo masyarakat membuat tim tersebut berpindah ke GOR Satria Purwokerto. "Kenapa Purwokerto? Disana sarananya cukup bagus dan kami berharap adanya animo besar dari masyarakat sana," kata Ageng Giriyono selaku Chief de Mission Tim Voli JPE ditempat yang sama.

JADWAL LENGKAP PROLIGA 2020
SERI*TANGGAL*TUAN RUMAH*TEMPAT*KETERANGAN

1*24-26/1/2020*Surabaya Bhayangkara Samator*Pekanbaru*Putaran 1
2*31/1-2/2/2020*Jakarta Pertamina Energi*Purwokerto*Putaran 1
3*7-9/2/2020*Palembang Sumselbabel*Palembang*Putaran 1
4*28/2-1/3/2020*Gresik Petrokimia*Gresik*Putaran 2
5*6-8/3/2020*Bandung BJB Tandamata*Bandung*Putaran 2
6*13-15/3/2020*Jakarta BNI 46*Yogyakarta*Putaran 2
7*3-4/4/2020*PP PBVSI*Kediri*Putaran Final
8*10-12/4/2020*PP PBVSI*Solo*Putaran Final
9*18-19/4/2020*PP PBVSI*Yogyakarta*Grand Final