COPPA ITALIA

Misi Sulit Giallorossi di Ennio Tardini

Eka
Misi Sulit Giallorossi di Ennio Tardini
Pertemuan kedua klub di pentas Serie-A beberapa waktu lalu (ist)

Parma, HanTer - Tensi panas bakal tersaji di tanah Italia. AS Roma yang tengah terluka bertekad meraih kemenangan demi memantapkan diri melangkah ke babak perempatfinal atau delapan besar Coppa Italia saat bertandang ke markas Parma di Ennio Tardini Stadium, Jumat (17/1/2020) dini hari WIB. 

Namun itu tak mudah bagi AS Roma dibawah asuhan pelatih Paulo Fonseca. Sebab belum lama ini Giallorossi, julukan AS Roma, menelan pil pahit saat bermain di Ennio Tardini pada ajang kompetisi Liga Italia. Saat itu mereka dipaksa menyerah 2-0 oleh Parma, pekan ke-12, pada 11 November 2019.

Kekalahan itu masih membekas di kubu Giallorossi disaat mereka kembali menghadapi Parma di markas lawan. Apalagi Coppa Italia ini merupakan turnamen gugur. Tim pemenang dipastikan lolos ke babak berikutnya, yakni delapan besar dan juga menjaga asa meraih gelar juara di luar Serie-A.

Melihat hal itu, Giallorossi coba menutup dalam-dalam luka yang mereka rasakan pada dua bulan silam. Meski sulit, misi bangkit tertancap didalam benak anak asuh Fonseca. Apalagi kemenangan turut mengobati kekecewaan mereka setelah dipaksa menyerah oleh Juventus pekan lalu di Serie-A, dengan skor 1-2 di kandang sendiri.

Fonseca sendiri menaruh keyakinan bahwa anak asuhnya berpotensi meraih kemenangan meski pekan lalu menderita kekalahan dari Juventus. Sebab, jelas dia, dari segi skema, permainan skuadnya cukup baik. Akan tetapi hasil akhir masih belum berpihak kepada mereka, termasuk saat takluk di tangan Juve.

"Ini bukan masalah taktik, saya tidak suka membicarakan kesalahan individual, karena pelatih penanggung jawab semuanya. Saya percaya dengan pemain-pemain saya. Dan saya yakin para pemain akan memperlihatkan tekadnya di Ennio Tardini," kata pelatih berpaspor Portugal itu dilansir laman Football Italia.

Di lain sisi, Parma yang berstatus sebagai tuan rumah tentu saja ingin menjaga tren positif saat kembali menjamu Roma di kandang sendiri. Tim asuhan pelatih Roberto D'Aversa yakin anak asuhnya mampu memetik kemenangan untuk kali kedua melawan Roma. Suntikan kepercayaan diri kian bertambah setelah mereka menumbangkan Lecce 2-0, pekan lalu.

Selain itu, Parma dapat menurunkan skuad terbaiknya. Hanya Yann Karamoh yang dipastikan absen di laga ini karena belum pulih dari cedera. Sedangkan Gervinho siap hadir untuk menggempur jantung pertahanan Giallorossi yang notabene sebagai mantan kesebelasannya.

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Jumat, 17 Januari 2020
WAKTU: 03.15 WIB
LIVE: -
TEMPAT: Ennio Tardini

PERTEMUAN KEDUA KLUB
29/12/2018*Parma*0 - 2*Roma
27/05/2019*Roma*2 - 1*Parma
11/11/2019*Parma*2 - 0*Roma