Daihatsu Indonesia Masters 2020

Setelah Kerja Keras, Fajar/Rian Akhirnya Tundukkan Ganda Jepang

Hermansyah
Setelah Kerja Keras, Fajar/Rian Akhirnya Tundukkan Ganda Jepang
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Jakarta, HanTer - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dipaksa kerja keras di babak pertama turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2020. Mereka harus melewati laga rubber game saat menghadapi wakil Jepang, Akira Koga/Taichi Saito, namun berakhir kemenangan dengan skor 21-19, 16-21 dan 21-13. 

Menang di game pertama, Fajar/Rian mengaku kesulitan di game kedua karena posisi lapangan mereka berlawanan dengan arah angin. "Kami kalah angin di game kedua, jadi berat mau main drive dan no lob pendek. Di game ketiga kami fokus di permainan depan net. Instruksi dari pelatih juga sangat berpengaruh sekali, sudah tahu harus incar ke mana," kata Fajar usai pertandingan. 

"Kami mau step by step dulu, nggak mau terlalu kepikiran mau menang, tapi fokus satu-satu dulu," timpal Rian. 

Di babak kedua, Fajar/Rian akan berhadapan dengan Zhang Nan/Ou Xuan Yi dari Tiongkok. Rekor pertemuan sementara Fajar/Rian unggul atas Zhang/Ou dengan skor 1-0. Di ajang Korea Open 2019, Fajar/Rian menang dengan skor 21-15, 20-22 dan 21-16. 

"Zhang/Ou tidak gampang mati, power mereka kuat. Zhang adalah pemain berpengalaman, yang penting untuk kami besok adalah mental dan fokusnya," ucap Fajar. 

Fajar/Rian sudah mengantisipasi jika mereka kembali mendapat jadwal pertandingan hingga larut malam. Mereka mengatakan bahwa yang terpenting adalah menjaga kondisi tubuh dan mengatur jadwal pemanasan sebelum bertanding. 

"Paginya mungkin latihan dulu di lapangan latihan atau di gym. Siangnnya istirahat, tidur siang. Kalau bisa jadwal tandingnya siang sih lebih enak, tapi kan memang sudah jadwalnya seperti ini, jadi pintar-pintar atur saja," ungkap Fajar. 

"Saya kurang lebih sama dengan Fajar, kalau tanding di malam hari, kalau bisa paginya ada kegiatan. Kalau tidak, badannya bisa kaku," tambah Rian. 

Indonesia sementara sudah punya dua wakil ganda putra di babak kedua. Selain Fajar/Rian, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga lolos setelah mengalahkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India), dengan skor 22-20 dan 21-15.