Pra-musim Srikandi Cup 2020

Derby Jakarta Dimenangkan Scorpio

Hermansyah
Derby Jakarta Dimenangkan Scorpio
Laga derby Jakarta, antara Scorpio kontra Tanago Friesian

Bekanbaru, HanTer - Scorpio Jakarta berhasil menang dalam pertandingan derby di pramusim Srikandi Cup 2020 melawan Tanago Friesian Jakarta. Tim asuhan Budi Wardoyo tersebut unggul meski dengan skor tipis 51-48 dalam pertandingan yang berlangsung di GOR Gelanggang Remaja Pekanbaru, Rabu (15/1/2020).

Turun hanya dengan sembilan pemain saja dilapangan, Scorpio sempat berjaya di tiga kuarter awal (17-9, 34-17, 45-29). Namun pelatih Tanago, Andrew Miller menginstruksikan kepada para pemainnya untuk melalukan pressure dari area pertahan lawan khususnya pada kuarter pamungkas.

Hampir saja Tanago bisa membalikan kedudukan khususnya disatu menit menjelang pertandingan usai. Tapi dewi fortuna masih berpihak kepada Scorpio Jakarta, mereka pun berhasil memenangi duel ketat yang berlangsung sore tadi.

Ini merupakan raihan kemenangan kedua untuk Scorpio (dari tiga kali pertandingan sementara) yang bermarkas di daerah Otista Jakarta. Sementara bagi Tanago, mereka sudah dua kali mendapatkan hasil minor kekalahan dan sejauh ini baru bisa satu kali menang saat melawan tim asal Malaysia Penang Stallions. 

Dua pemain Scorpio berhasil mengoleksi raihan double digit, yakni Onaka Glani Louis mencetak 20 angka, sembilan rebound, dua asis, satu steal dan blok, sedangkan kapten tim Delaya Maria menorehkan 16 poin, tujuh rebound, tiga asis dan satu steal. Pemain Tanago Friesian Jakarta, Lula Maria Amanda menjadi topskor untuk timnya (14 poin, delapan rebound, tiga steal), menyusul Shabrina Rizki (12) dan Valerie Fradela (11).

"Stamina pemain kami terbatas jadinya banyak turnovers dan pressure justru berbalik ke Scorpio ketika kami ditekan dibabak kedua. Untuk skema penyerangan sebenarnya sistem kami sudah berjalan dengan baik, tapi sayangnya transisi offense ke defense kita kurang khususnya dalam masalah komunikasi. Malam ini tiga pemain kami akan tiba dari Jakarta dan siap untuk meladeni Merpati Bali untuk game besok, (Kamis,16/1/2020)," komentar Budi Wardoyo, pelatih utama Scorpio Jakarta.

Andrew Miller pelatih Tanago Jakarta tidak terlalu kecewa dengan kekalahan timnya. Ia menilai para pemainnya selalu ada peningkatan dari setiap pertandingan yang mereka mainkan. "Problemnya mereka sedikit minder kalo menghadapi pemain lawan yang lebih senior seperti Delaya, Miranti," ucap Miller.

Meski demikian, Miller mengaku jika taktiknya berjalan dengan baik dengan membuat lawan terus berlari dikuarter pertama dan kedua. "Baru saya akan gas di kuarter ketiga dan keempat. Sayangnya, momentum kami terlambat panas saja, terutama di 7 menit terakhir kuarter keempat, padahal peluangnya ada," tambahnya.

"Tapi saya salut dengan mental pemain muda saya yang terus ngotot meski sempat tertinggal jauh hingga kuarter ketiga. Game ini bagus bagi Tanago untuk situasi tim pertandingan yang berlangsung ketat. (bisa menipiskan kedudukan)," ujar Andrew Miller yang notabene adalah produk jebolan Scorpio Jakarta, saat ia masih aktif menjadi pemain," pungkas Miller.