KOMPETISI LIGA SPANYOL

Setien Latih Barcelona Gantikan Valverde

Eka
Setien Latih Barcelona Gantikan Valverde
Quique Setien (ist)

Catalan, HanTer - Manajemen Barcelona akhirnya mengambil sikap tegas dengan memberhentikan Ernesto Valverde selaku juru taktik. Siapa penerusnya? Klub asal Catalan itu pun langsung memperkenalkan Quique Setien sebagai arsitek baru mereka sampai akhir musim ini untuk mengasuh Lionel Messi dan kawan-kawan.

Quique Setien mengatakan bahwa mengambil alih sebagai pelatih baru klub itu di luar 'mimpi terliarnya' ketika ia diperkenalkan sekaligus melakukan presentasi terhadap Blaugrana, julukan Barcelona di Nou Camp, Selasa (14/1/2020) kemarin.

Ia pun mengaku terkejut dengan keputusan tersebut. "Tidak dalam mimpi terliar saya dapat membayangkan berada di sini. Kemarin saya berjalan melewati sapi di desa saya, sekarang saya di sini melatih para pemain terbaik di dunia," kata mantan pelatih Real Betis itu seperti dilansir laman AS, kemarin.

Ditanya tentang mengasuh Lionel Messi yang merupakan pemain idamannya, Setien menerangkan: "Saya telah menikmati 12 tahun terakhir duduk di depan televisi menyaksikan dia dan para pemain yang telah membuat sepakbola begitu menyenangkan untuk menonton dan sudah setiap hari, setiap pertandingan."

"Dan sekarang saya melatih pemain terbaik di dunia, saya masih belum sepenuhnya sadar apa artinya ini. Tetapi kami telah berbicara dan satu hal adalah kekaguman dan yang lainnya adalah bahwa sekarang saya memiliki serangkaian pemain yang harus berada di tempat yang tepat. Saya yakin itu akan menjadi hubungan yang baik dengan semua pemain," paparnya.

Sebelum resmi diperkenalkan, Setien, sendiri telah memimpin sesi latihan pada Selasa pagi sebelum menandatangani kontrak hingga Juni 2022. "Saya senang dengan tantangan ini dan proyek ini. Itu adalah hal terbesar yang harus saya sampaikan kepada para pemain. Saya harus menunjukkan kepada para pemain itu dan biasanya tidak terlalu rumit bagi saya untuk mengirimkannya," ujarnya.

Valverde dipecat meskipun Barcelona menjadi yang teratas di La Liga dan di babak 16 besar Liga Champions. Barcelona masih bersaing di tiga besar dan mengingat pergolakan manajer yang berubah di pertengahan musim, mantan bos Real Betis bertekad untuk 'mencoba dan memenangkan segalanya'.  

Seperti diketahui, Direktur olahraga Barcelona Eric Abidal juga merujuk ke Valverde tetapi dengan kritik terselubung tentang bagaimana ia gagal mengalahkan Liverpool musim lalu dan bagaimana ia kehilangan final Copa del Rey melawan Valencia. "Saya ingat dari hari-hari saya bermain bahwa untuk memenangkan Piala atau Liga Champions rinciannya penting dan dia [Setien] selalu di atas detail," pungkasnya.