PIALA SUPER SPANYOL

Real Madrid Segel Gelar Pertama di 2020

Eka
Real Madrid Segel Gelar Pertama di 2020
Para pemain Real Madrid (ist)

Jeddah, HanTer - Real Madrid akhirnya mampu mengunci gelar pertama mereka di awal tahun ini. Itu tak lepas setelah tim asuhan pelatih Zinedine Zidane memenangkan pertandingan dengan menumbangkan Atletico Madrid 4-1 pada babak final Piala Super Spanyol di King Abdullah Sports City, Jeddah, Senin (13/1/2020) dini hari tadi.

Ya, kemenangan Real Madrid dalam upaya menggondol trofi pertamanya di tahun ini terbilang dramatis. Sebab Sergio Ramos dan kawan-kawan mendapatkannya dengan susah payah. Dimana kemenangan itu diraih melalui drama adu penalti setelah kedua kesebelasan bermain sama kuat tanpa gol di waktu normal.

Selain itu, kemenangan terasa sangat spesial, karena skuad Zidane tampil dengan 10 pemain setelah Frederico Valverde di usir keluar lapangan hijau pasca di kartu merah oleh wasit menit ke-115 atau babak kedua pada masa ekstra time 2x15 menit. Beruntung, hilangnya Valverde tak mempengaruhi keadaan.

Sehingga pada akhirnya, 10 pemain Real Madrid mampu merebut gelar juara Piala Super Spanyol yang ke-11 kalinya setelah menang adu penalti 4-1 melawan Atletico Madrid. Dalam adu penalti, Saul dan Thomas sama-sama gagal memasukkan bola ke gawang lawan, sebaliknya para pemain Real sukses mengeksekusi semua tendangan penaltinya.

Selengkapnya, empat penendang Real Madrid yang sukses dalam semua tendangan penalti untuk timnya dalam adu penalti ini adalah Dani Cravajal, Rodrygo, Luka Modric dan Sergio Ramos, sedangkan dari kubu Atletico yang berhasil menjalankan tugasnya sebagai algojo adu penalti itu adalah Kieran Trippier.

Ini pertama kalinya kompetisi tersebut diperluas menjadi empat tim dan diselenggarakan di tempat netral di luar Spanyol. Sebelum ini Real Madrid terakhir kali menjuarai turnamen tersebut pada 2017 ketika mengalahkan Barcelona 5-1 dalam dua leg, demikian ESPN.

Selain itu, trofi tersebut juga menegaskan kepada Zidane bahwa sang juru taktik berpaspor Perancia mempertahankan kemampuannya sebagai spesialis final. Ia sudah memenangkan sembilan trofi dari sembilan final yang dijalaninya bersama Real Madrid usai memenangkan Piala Super Spanyol.

Hasil final Piala Super Spanyol ini hanya berarti satu: Zinedine Zidane spesialis final. Ia sudah menjalani sembilan final bersama Real Madrid dan memenangkan kesembilan trofi yang diperebutkan pada sembilan final itu. Selain Piala Super Spanyol, beberapa trofi lain berhasil disumbangkan.

Diantaranya trofi Liga Champions sebanyak tiga kali, Piala Super Eropa sebanyak dua trofi, Piala Dunia Antar Klub juga dua kali dan terakhir menggenggam trofi keduanya di Piala Super Spanyol. Tak ayal, rentetan hasil positif membuatnya makin disayang saja oleh Presiden Real Madrid Florentino Perez.