IBL 2020

Pelita Jaya Bungkam Indonesia Patriots

Hermansyah
Pelita Jaya Bungkam Indonesia Patriots
Pemain Pelita Jaya Bakrie,Govinda Julian Saputra, saat melakukan percobaan tembakan dua angka ketika melawan Indonesia Patriots

Semarang HanTer - Tim basket Pelita Jaya Bakrie sukses membungkam tim Nasional Indonesia yang membawa nama Indonesia Patriots pada hari ketiga seri pertama IBL Pertamax 2020, ketika berlangsung di GOR Sahabat Semarang, Minggu (12/1/2020). Pelita Jaya menang dengan selisih sembilan angka yakni 73-64. 

Kuarter pertama, Pelita sempat mencatat keunggulan 13 poin. Mereka unggul 20-7. Patriots mengejar memperkecil angka walau masih tertinggal 12-20. Kuarter ini diakhiri dengan keunggulan Pelita Jaya 25-14.

Memasuki kuarter kedua, dua tembakan tiga angka Govinda Julian Saputra membuat Pelita unggul 31 -16. Jump shot Govinda membuat saat waktu kuarter ketiga tersisa lima menit mengubah  angka menjadi 36-21. Lester Proper memperkecil 36-23. Three points Hardianus Lakudu mengubah lagi skor menjai 36-26 masih untuk Pelita. Dior mencetak poin, dibalas dengan dunk Prosper. 38-28.

Tembakan tiga poin Kevin Bridgewaters dibalas drive Jawato dan underbasket Kaleb membuat Pelita unggul 42-36. Tembakan tiga angka Reggie Mononimbar menutup babak pertama 45-36.

Tembakan tiga angka Arki Dikania Wisnu membuat angka berubah 54-47 masih untuk Pelita ketika waktu kuarter ketiga tersisa 3 menit 37 detik. Three points play Lester membuat Patriots mendekat 56-50, tetapi tembakan  Ragil dan lay up Bridgewaters membuat Pelita menjaga jarak sepuluh angka, 60-50 dan menjadi skor terakhir menutup kuarter ketiga.

Kaleb membuka angka di kuarter keempat ditambah satu free throw Jawato, Patriots mendekat 60-53. Three points play Dior membuat menjadi 63-54, namun Jawato membalas dengan three points , 63-57. Lester memasukkan satu lemparan bebas, Dior membalas dengan dua angka, 65-58.Tiga angka Govinda makin menjauhkan keunggulan Pelita, 68-58. Tembakan tiga angka Lowhorn memperkokoh keunggulan 71-58.

Dunk Vincent Kosasih membuat angkah berubah 73-62 masih untuk Peita Jaya. Dua lemparan bebas Arki hanya memperkecil kekalahan menjadi 73-64.

Dior Lowhorn menjadi pemain tersubur Pelita Jaya dengan menyumbang 24 poin dan 11 rebound saat menundukkan Indonesia Patriots. Sementara Lester Prosper menjadi pendulang angka terbanyak dengan 19 poin untuk Indonesia Patriots.

Govinda Julian Saputra yang berperan sebagai power forward, usai laga mengatakan jika dirinya sangat bangga mampu mengalahkan tim berlebel Timnas. "Ngalahin Timnas bangga banget, karena ya Timnas..." ucap Govinda yang mengoleksi 16 poin saat mengalahkan Indonesia Patriots.

Sementara itu, pelatih Pelita Jaya Bakrie, Octaviarro R Tamtelahitu menyebut tidak ada rahasia apapun ketika memenangkan laga melawan Indonesia Patriots. "Ini bola basket, pasti ada yang kalah dan ada yang menang. Tidak ada rahasia apa-apa dalam laga tadi, namun kalau kita mau berusaha dan bekerja keras pasti kita akan sukses," ucapnya.

"Ini belum apa-apa, kita masih banyak memiliki PR untuk tim ini di mana harus tumbuh dan berkembang," tutup pria yang akrab disapa coach Oky itu. 

Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua Pelita Jaya Bakrie dari dua laga yang telah dimainkannya pada musim ini, di mana kemenangan pertama saat menundukkan Satya Wacana yang juga dengan selisih sembilan angka melalui skor akhir 70-61. Sedangkan bagi Indonesia Patriots, ini menjadi kekalahan pertamanya, setelah menang atas Pacific Caesar dengan skor 88-74. Hermansyah