Fakhri Husaini Kecewa PSSI Pilih Pelatih Asing di Timnas U-19

Eka
Fakhri Husaini Kecewa PSSI Pilih Pelatih Asing di Timnas U-19
Fakhri Husaini (dok.pssi)

Jakarta, HanTer - Catatan positif yang dimiliki seorang Fakhri Husaini saat menukangi sejumlah tim nasional di level junior rupanya tak menjadi garansi bagi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk kembali mempercayakan kepadanya menukangi Timnas Indonesia U-19.

Tentu itu menjadi sebuah kejanggalan, menyusul prestasi Fakhri yang terbilang tokcer dalam membina timnas usia muda, baik saat mengasuh Timnas U-16 maupun Timnas Indonesia U-19. Belum lama, ia mengantarkan Garuda Muda, julukan U-19, lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020.

Namun masa tugasnya yang berakhir pada Desember 2019, pada akhirnya tidak mampu menjalin kesepakatan dalam hal pembaruan kontrak di tahun ini. Hal itu tak lepas setelah Fakhri mempunyai sikap tegas bahwa ia tidak ingin menjabat sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas U-19.

Sebab pembinaan timnas di usia dini dianggapnya lebih ideal ditangani langsung oleh pelatih lokal. Sikap tegas itu pun pada akhirnya membuat PSSI selaku induk tertinggi sepakbola tanah air, akhirnya angkat tangan. Federasi pimpinan Mochamad Iriawan pun banting stir dengan mempercayakan pria korea lain, Gong Oh-kyun.

Nantinya, Oh-kyun dibantu oleh mantan bek Persib Bandung, Nova Arianto, dalam menjalankan tugasnya. Tentu saja finalisasi keputusan dari PSSI, membuat kecewa pelatih kelahiran Aceh tersebut. Ia menuturkan, kedatangan pelatih asing tidak menjamin hadirnya prestasi bagi Timnas Indonesia.

Fakhri bahkan sempat menantang PSSI untuk adu program kepelatihan dengan Shin Tae-yong. "Kalau mau fair, saya berani saja kalau PSSI ingin adakan adu presentasi bersama coach Shin Tae-yong, dan juga tentu pelatih lokal lain. Bukan saya tidak menghormati dia," kata Fakhri Husaini ketika dihubungi wartawan.

"Anggap saja saya pelatih baru yang sedang ingin menangani timnas. Biar semua jelas dan tahu program serta data-data yang dimiliki. Saya akan siapkan semuanya. Kalau memang ingin adil ya," tegasnya.  

Seperti diketahui, Fakhri Husaini dianggap menjadi pelatih sukses di level junior. Ia mengantarkan Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Indonesia lolos setelah mengungguli Timor Leste, Hong Kong, dan Korea Utara di kualifikasi Grup K.

Sebelumnya Fakhri Husaini juga meloloskan Timnas U-16 Indonesia ke putaran final Piala Asia U-16 2018. Indonesia dibawa melangkah sampai ke perempat final. Di fase itu l Indonesia takluk dari Australia. Padahal di babak pertama sempat unggul, yang berarti tiket ke Piala Dunia U-17 2019 sudah di depan mata.

Fakhri Husaini juga sempat membawa Timnas U-16 Indonesia juara Piala AFF U-16 pada 2018. Catatan itu tentu menjadi pencapaian tersendiri buat dirinya dan juga Indonesia.