MATANGKAN PERSIAPAN AFC U-16

Garuda Muda Jajal India Akhir Januari

Eka
Garuda Muda Jajal India Akhir Januari
Para pemain Timnas Indonesia U-16 menjalani sesi latihan (ist)

Jakarta, HanTer - Meski putaran final atau babak penyisihan grup Piala Asia (AFC Cup) U-16 masih cukup lama, hal tersebut tak membuat Bima Sakti Tukiman selaku juru taktik Timnas Indonesia U-16 santai. Sebaliknya, sang pelatih tetap menjaga performa pasukannya dengan menggelar sesi latihan.

Sejak akhir tahun 2019, berbagai porsi latihan diberikan Bima Sakti Tukiman terhadap Ahmad Athallah Araihan dan kawan-kawan. Begitupun di awal 2020 ini. Eks asisten pelatih Luis Milla itu terus menggenjot fisik dan teknik anak asuhnya agar tak kendur saat berlangsungnya turnamen.

Guna mengasah kemampuan pasukannya agar mendapatkan performa puncak pada September mendatang, sejumlah agenda telah dicanangkan. Selain program rutin latihan, Bima Sakti telah mengantungi beberapa laga ujicoba untuk menakar kekuatan serta kelemahan pasukannya.

Dalam waktu dekat, tepatnya akhir bulan ini, Garuda Muda, julukan Timnas Indonesia U-16 dibawah asuhan Bima Sakti Tukiman akan menggelar laga ujicoba di pentas internasional. Dimana mereka akan menjajal kekuatan India dalam dua pertemuan yang terpusat di Jawa Timur pada 23 dan 29 Januari mendatang.

Kedua laga ujicoba melawan Timnas India U-16 akan dilakoni di dua tempat berbeda di Jawa Timur. Pertama digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, kemudian berganti menjajal kembali kekuatan lawan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Uji coba ini merupakan bagian dari program pemusatan latihan (TC) Garuda Muda di bulan Januari ini. TC akan dilakukan mulai tanggal 16 Januari 2020 di Sidoarjo. Hal ini sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-16 dan Piala AFC U-16 tahun 2020 mendatang. Sebanyak 24 pemain mengikuti TC di bawah komando pelatih Bima Sakti.

"Setelah menjalani TC pada bulan Desember kemarin, kami melanjutkan TC di bulan Januari. Selain TC, kami mendapat kesempatan dua kali uji coba internasional dengan India. Tentu uji coba ini sangat bagus untuk para pemain," kata Bima Sakti.

"Untuk promosi dan degradasi pemain tetap ada. Tidak ada jaminan 100 persen pemain yang ada saat ini akan tampil di AFF maupun Piala AFC. Yang pasti mereka tetap akan kita evaluasi terus. Kalau ada pemain diluar yang bagus kita akan beri kesempatan, apalagi sesuai dengan kriteria dan umurnya," tambahnya.

Persiapan matang akan terus dilakukan Timnas U-16 agar meraih prestasi di Piala AFF U-16 2020 dan Piala AFC U-16 mendatang di Bahrain. Dimana petualangan pertama yakni mengarungi gelaran Piala AFC kemudian disusul PialaAFF pada November hingga Desember 2020.