Olimpiade Tokyo 2020

Rosan Roeslani Ditunjuk Sebagai CdM Indonesia Untuk Olimpiade 2020 Tokyo

Hermansyah   
Rosan Roeslani Ditunjuk Sebagai CdM Indonesia Untuk Olimpiade 2020 Tokyo
Rosan Roeslani

Jakarta, HanTer - Rosan Roeslani didapuk sebagai ketua kontingen (CdM) Indonesia untuk Olimpiade 2020 Tokyo. Hal tersebut diumumkan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari di Kemenpora di pengujung tahun 2019 ini.

"Kita semua sepakat bahwa CdM untuk olimpiade 2020 dipercayakan kepada Rosan Roeslani," ujar pria yang akrab disapa Okto didampingi Menpora Zainudin Amali dalam jumpa pers di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (31/12/2019).

Saat ini tercatat jika Rosan Roeslani menjabat sebagai Ketua Umum PB PABBSI (Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia) dan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Dia merupakan satu-satunya nama yang sebelumnya diajukan oleh KOI kepada Kemenpora pekan lalu.

Pengajuan itu pun telah disetujui oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada 26 Desember lalu.

Okto mengungkapkan bahwa alasan ditunjuknya Rosan sebagai ketua kontingen Indonesia, karena dia merupakan ketua umum dari cabang olahraga yang sudah pasti lolos kualifikasi olimpiade di Tokyo.

Sementara itu, Rosan yang berhalangan hadir dalam konferensi pers tersebut mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia pun menyatakan siap dan akan segera bekerja sama dengan seluruh cabang olahraga yang berpotensi lolos ke olimpiade 2020.

"Sepulang dari London, saya akan segera berkoordinasi dengan cabang olahraga-cabang olahraga, menyamakan persepsi, misi agar olimpiade dapat membuahkan hasil maksimal," kata Rosan dalam rekaman video yang ditampilkan.

Setelah ini, selanjutnya KOI bersama dengan CdM akan membentuk tim analisis untuk kesuksesan prestasi Indonesia di olimpiade 2020 sekaligus berkoordinasi dengan berbagai cabang olahraga yang berpotensi lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo.