KOMPETISI LIGA SPANYOL

'Neraka' Barcelona di Paruh Musim Kedua

Eka
'Neraka' Barcelona di Paruh Musim Kedua
Para pemain Barcelona (ist)

Catalan, HanTer - Barcelona berhasil mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen sementara Liga Spanyol sebelum tutup tahun 2019 atau satu laga jelang berakhirnya paruh musim pertama kompetisi.

Tim asuhan pelatih Ernesto Valverde mengamankan tahta pimpinan dengan mendulang 39 poin dari 18 laga yang telah dilalui. Mereka unggul dua poin dari Real Madrid selaku rival abadi yang terus membuntuti di urutan dua, serta lima poin dari Sevilla di peringkat tiga.

Hasil tersebut membuat Blaugrana, julukan Barcelona, kian di favoritkan untuk merengkuh gelar La Liga musim ini. Akan tetapi, status tersebut tak membuat klub asal Catalan jemawa. Sebaliknya, mereka justru akan ekstra hati-hati, sebab kompetisi masih berjalan.

Seperti dilansir laman AS, Kamis (26/12/2019) kemarin, petualangan Barcelona justru akan kian sulit, dan bahkan di katakan paruh musim kedua kompetisi Liga Spanyol ibarat sebuah 'neraka' bagi skuad Valverde dalam upaya mempertahankan gelar.

Pasalnya pada paruh musim kedua atau fase penentuan, Barcelona digadangkan akan menjalani perhelatan yang lebih sulit dibanding kompetitor lain seperti Real Madrid. "Sekilas, kalender yang menantinya jauh lebih sulit daripada yang dimiliki Madrid," demikian AS melaporkan.

Ya, ada beberapa laga tandang yang cukup rumit harus dilakoni dan dilalui Barcelona dengan mencuri hasil positif. Pada pekan ke-19, skuad Valverde langsung menjalani laga tandang pertama di awal 2020 dengan bertolak ke markas Espanyol.

Setelah itu, Barca harus mengunjungi lapangan keras seperti Mestalla yang notabene markas Valencia pada pekan ke-21, kemudian ke kandang Real Betis di Villamarín (pekan ke-23), lalu Santiago Bernabéu pada pekan ke-26) dan Ramon Sánchez Pizjuán, markas Sevilla pada pekan ke-30.

Bukan hanya kalender La Liga, tetapi juga akumulasi pertandingan yang menunggu tim yang harus menghadapi Piala Super Spanyol pada awal Januari; yang akan memasuki putaran final pada bulan yang sama.

Kemudian memasuki 26 Februari, mereka akan menghadapi lagi tantangan Liga Champions melawan Napoli, yang telah berkali-kali bertemu dalam beberapa tahun terakhir. "Secara total, Barca bisa menghadapi 35 pertandingan besar hanya dalam waktu lima bulan," AS menambahkan.