KOMPETISI LIGA INGGRIS

Ujian Pertama Arteta di Vitality Stadium

Eka
Ujian Pertama Arteta di Vitality Stadium
Mikel Arteta (kanan/ist)

Bournemouth, HanTer - Ujian perdana akan dilakoni Mikel Arteta setelah dirinya didapuk sebagai pelatih resmi Arsenal menggantikan peranan Freddie Ljungberg. Juru taktik berpaspor Spanyol itu melakoni petualangan pertamanya dengan bertandang ke markas AFC Bournemouth. Kedua tim bentrok dalam lanjutan kompetisi Premier League pekan ke-19 di Vitality Stadium, Kamis (26/12/2019) malam WIB.

Jelang mengarungi debutnya sebagai pelatih baru, Arteta menilai Arsenal memiliki skuad yang bisa berkembang. Akan tetapi para pemain harus mengambil tanggung jawab untuk setiap aksinya di lapangan. Tanggung jawab itu penting jika mereka ingin menjadi bagian dari rencana masa depan tim ini.

Pada konferensi pers pertamanya pekan lalu, Arteta menuntut "gairah dan energi" dari para pemain. Pelatih asal Spanyol ini mengaku puas timnya bermain seri 0-0 melawan Everton pada Sabtu pekan lalu.

Pelatih berusia 37 tahun itu akan melakukan debut manajerialnya ketika Arsenal yang menempati urutan 11 pada klasemen sementara Liga Inggris bertandang ke Bournemouth, Kamis. "Saya kira kami punya tim yang sungguh bagus dengan banyak kemajuan. Saya harap mereka semua kompak," kata dia.

"Yang kami ingin tularkan kepada tim ini adalah akuntabilitas untuk bermain bagi klub sepak bola ini. Ini mendasar. Kami jauh lebih berkomitmen. Bahasa tubuh (saat pertandingan melawan Everton) sudah jauh lebih baik dan mereka sudah jauh lebih berhasrat, itu tak terbantahkan lagi."

Arteta memastikan bahwa pelatih sementara Freddie Ljungberg, yang memimpin enam laga menyusul pemecatan Unai Emery, akan tetap menjadi salah satu anggota staf pelatih. "Saya sudah berbicara dengan dia setelah pertandingan itu. Saya bilang dia siapa yang ingin saya masukkan dan saya ingin tahu apa yang dia rasakan," jelasnya.

Selain itu, Arteta juga mengatakan bahwa gelandang senior Arsenal, Mesut Oezil juga akan masuk dalam bagian dari rencananya sekalipun Ljungberg tidak menyukai pemain Jerman tersebut saat The Gunners, julukan Arsenal, kalah 0-3 oleh Manchester City belum lama ini.

"Itu masalah Freddie," kata Arteta. "Saya cuma ingin dia memilih susunan pemain yang sebaik mungkin untuk pertandingan itu. Anda tak boleh menghakimi orang dari perbuatannya di masa lalu, positif atau negatif," tegasnya.

Di lain sisi, pelatih Bournemouth Eddie Howe tak akan mengecilkan jam terbang Arteta yang banjir kritik karena kurang pengalaman. Sebaliknya, ia akan tetap menghormati nama besar Arsenal. "Dia (Arteta -red) menangani sebuah klub yang fantastis dengan pemain-pemain hebat dan dia punya pandangan dan filosofinya sendiri," jawab Howe.

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Kamis, 26 Des 2019
WAKTU: 22.00 WIB
LIVE: -
TEMPAT: Vitality Stadium