Performa Athallah Araihan Makin Brilian di Timnas Indonesia U-16

Eka
Performa Athallah Araihan Makin Brilian di Timnas Indonesia U-16
Athallah Araihan (ist)

Bekasi, HanTer - Timnas Indonesia terus menelurkan bintang untuk masa depan. Itu terlihat di level usia muda, tepatnya pada tubuh Timnas Indonesia U-16. Perjalanan dan perjuangan timnas di level tersebut patut di apresiasi, sebab Timnas U-16 berhasil melangkahkan kaki mereka ke putaran final Piala Asia U-16 2020.

Setelah memastikan tempat ke putaran final, tim asuhan pelatih Bima Sakti terus mengasah kemampuan, baik teknik, skill maupun fisik agar tetap terjaga jelang bergulirnya turnamen bergengsi antar negara-negara tingkat Asia pada level U-16, tahun depan.

Seiring berjalannya waktu, kualitas dan bakat terus terasah. Salah satunya di perlihatkan Ahmad Athallah Araihan. Pemain binaan dari SKO Ragunan itu terus memperlihatkan kualitasnya. Terbaru, dengan memborong seluruh gol kemenangan Timnas U-16 usai melumat Asiop Apacinti 3-0 dalam laga ujicoba di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (25/12/2019) kemarin.

Ya, Athallah mencetak hattick dalam laga itu sekaligus mengantarkan tim berjuluk Garuda Muda berpesta gol. Performa Athallah pun bukan hanya terlihat di Timnas U-16 saja. Ia juga menjadi ruh permainan kala memperkuat Tim Pelajar Indonesia U-18 di bawah binaan Kemenpora pada ajang Asian School Football Championship (ASFC), November lalu.

Segudang jam terbang serta potensi besar yang di milik Athallah, pun membuat Bima Sakti tak membuang kesempatan untuk memasukkan namanya kedalam skuad asuhannya.

Athallah masuk dalam program pemusatan latihan (TC) Garuda Muda pada Desember ini. TC yang di ikuti 24 pemain sudah dilakukan sejak tanggal 15 hingga 26 Desember 2019. Hal ini sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-16 dan Piala AFC U-16 tahun 2020 mendatang.

Bima Sakti selaku juru taktik menuturkan, bahwa saat ini banyak pemain yang mempunyai kualitas mumpuni. Kendati demikian, ia akan terus memantau dengan melakukan seleksi serta menerapkan sistem promosi dan degradasi guna menentukan skuad terbaik yang akan dibawanya di Piala AFF U-16 dan AFC U-16.

"Setelah ini kita libur untuk tahun baru, kemudian nanti di pertengahan bulan Januari kita akan kumpul lagi untuk persiapan lawan India. Promosi dan degradasi pemain tetap ada. Tidak ada jaminan 100 persen pemain yang ada saat ini akan tampil di AFF maupun Piala AFC," kata Bima, kemarin.

"Yang pasti mereka tetap akan kita evaluasi terus. Kalau ada pemain diuar yang bagus kita akan beri kesempatan, apalagi sesuai dengan kriteria dan umurnya," sambung dia, seperti dikutip laman PSSI.

Seperti diketahui, pada Januari nanti, Timnas U-16 akan kembali melakukan TC dan akan ada agenda uji coba internasional. Persiapan yang matang terus dilakukan agar Timnas U-16 meraih prestasi di Piala AFF U-16 2020 dan Piala AFC U-16 2020 mendatang di Bahrain.