Pembangunan Jaya Cup 2019

Tundukkan Mutiara Cardinal, Jaya Raya Juara Grup A

Hermansyah   
Tundukkan Mutiara Cardinal, Jaya Raya Juara Grup A
Muhammad Nendi Novatino/Teges Satriaji Cahyo Hutomo menjadi penentu kemenangan Jaya Raya atas Mutiara Cardinal

Jakarta, HanTer - PB Jaya Raya melangkah ke babak semifinal Pembangunan Jaya Cup 2019 dengan menyandang titel juara grup A. Kemenangan 3-2 pada Kamis (19/12/2019) atas PB Mutiara Cardinal Bandung, memastikan PB Jaya Raya menjadi yang terkuat di grup A.

Di babak penyisihan grup A sebelumnya, PB Jaya Raya telah mengantongi kemenangan atas PB Victory Bogor dan Team 16 Malaysia.

Dalam laga penyisihan grup terakhir yang berlangsung pagi ini di GOR Jaya Raya, Bintaro, Tangerang Selatan, kemenangan PB Jaya Raya dibuka oleh ganda campuran Moh Rezky Alfarez/Nahla Aufa Dhia Ulhaq yang mengalahkan Fadilah Gahara Putra/Amalia Cahaya Pratiwi, dengan skor 21-10, 21-15.

Tunggal putra Muhammad Sultan Nurhabibullah Mayang menyumbang poin kedua usai menekuk Alvi Wijaya Chairullah dalam dua game langsung, 21-12, 21-15.

Kemenangan PB Jaya Raya atas PB Mutiara Cardinal Bandung ditentukan ganda purtra Muhammad Nendi Novatino/Teges Satriaji Cahyo Hutomo yang menang straight game atas Ragil Ricky Surya Hanaffi/Zank Oscario Dewangga, dengan skor 24-22, 21-16.

Dua poin terakhir direbut PB Mutiara Cardinal Bandung lewat tunggal putri Saifi Rizka Nurhidayah yang mengalahkan Tasya Farahnailah dengan skor 26-24, 21-13. Serta satu kemenangan ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi/Indira Hendzie Pramestya atas Lanny Tria Mayasari/Tryola Nadia, dengan skor 15-21, 21-19, 21-19.

"Kami senang bisa menyumbang poin untuk tim Jaya Raya dan jadi penentu kemenangan. Hari ini kami main cukup baik walau masih kurang in di game pertama. Pada game kedua, kami mulai menemukan permainan dan kami coba komunikasi lagi," kata Teges kepada Badmintonindonesia.org.

"Untuk babak semifinal, seandainya kami diturunkan lagi, kami akan mencoba bermain lebih baik dari hari ini. Persiapannya, jaga kondisi dan jaga komunikasi dengan pasangan di lapangan," tambah Nendi.

Sementara itu Imelda Wiguna, legenda hidup bulutangkis Indonesia yang kini mewakili PB Jaya Raya, menyatakan cukup puas dengan hasil yang dicapai timnya hari ini. Imelda juga mengomentari penampilan Teges/Nendi yang bisa lebih stabil dari biasanya.

"Teges/Nendi bisa mengurangi kesalahan-kesalahan sendiri, mereka main lepas. Memang tidak tekanan atau target secara khusus kepada atlet, tahun ini kami mau lakukan yang terbaik dulu. Kalau harapan tentunya berharap juara," ujar Imelda yang dijumpai di GOR Jaya Raya, Bintaro.

"Persaingan tim kali ini cukup ketat, PB Exist kekuatannya merata, PB Djarum juga kuat. Tapi kami sebagai penyelenggara Pembangunan Jaya Cup, harus berjuang lebih gigih supaya dapat hasil terbaik. Tim kami unggul di tunggal putra dan ganda campuran, semoga nomor lain bisa tampil baik juga," sebut Imelda. 

Sementara itu di grup B, PB Exist menjadi juara grup setelah mengalahkan PB Djarum Kudus dengan skor 4-1. Laga semifinal Pembangunan Jaya Cup 2019 akan mempertemukan PB Exist dengan Team 16 Malaysia, sedangkan PB Jaya Raya berjumpa PB Djarum Kudus.