BARCELONA 0-0 REAL MADRID

Kans Emas Barcelona Terbuang Sia-sia

Eka
Kans Emas Barcelona Terbuang Sia-sia
Lionel Messi mendapat pengawalan ketat pemain Real Madrid (ist)

Catalan, HanTer - Sia-sia. Jerih dan kerja keras Barcelona untuk memetik kemenangan saat menjadi tuan rumah El Clasico jilid pertama akhirnya sia-sia setelah tim asuhan pelatih Ernesto Valverde gagal memanfaatkan peluang ketika hanya mampu bermain imbang tanpa gol kontra Real Madrid di Nou Camp Stadium, Kamis (19/12/2019) dini hari tadi.

Sebaliknya, justru Real Madrid yang tampil agresif saat bertandang ke markas Barcelona dalam laga tunda pekan ke-10 Liga Spanyol, tetapi El Clasico edisi pertama musim ini tersebut berakhir dengan skor kaca mata alias imbang 0-0.

Laman resmi Liga Spanyol memperlihatkan bahwa tim tamu tampil lebih agresif dengan melepaskan 17 percobaan tembakan sepanjang laga, tetapi hanya empat yang tepat sasaran dan tak satu pun berbuah menjadi gol. Kedua tim tampil tumpul terutama dalam sektor penyelesaian di lini depan masing-masing.

Peluang berbahaya pertama dimiliki oleh Real Madrid pada menit ke-17 saat umpan silang Dani Carvajal ditanduk dengan baik oleh Casemiro, namun Gerard Pique memperlihatkan kepiawaiannya untuk menyapu bola sebelum melewati garis gawang.

Pada menit ke-26 kiper Marc-Andre ter Stegen melakukan dua penyelamatan beruntun untuk menghalau tembakan Karim Benzema dan tendangan susulan dari Casemiro.

Lima menit berselang pertahanan tim tamu yang terancam ketika Lionel Messi menyambar bola muntah dengan tembakan akrobatik namun kali ini Sergio Ramos yang unjuk kemampuan demi menghalau bola sebelum memasuki gawang.

Jelang turun minum Jordi Alba nyaris membawa Barcelona unggul ketika memperoleh umpan terobosan ciamik dari Messi, namun tembakan penyelesaiannya malah melenceng di sisi kanan gawang. Begitu pun dengan tim tamu yang mempunyai peluang melalui Federico Valverde. Tetapi akhirnya tak ada gol.

Pada babak kedua, pertandingan tetap berjalan terbuka tetapi tetap tak ada gol tercipta. Tembakan Frenkie de Jong menyelesaikan kerja sama satu dua sentuhan dengan Luis Suarez masih mengarah tepat ke pelukan kiper Thibaut Courtois.

Sedangkan pada menit ke-72, Gareth Bale sudah menyarangkan bola ke gawang Barcelona, tetapi golnya dianulir karena Ferland Mendy terjebak offside dalam proses serangan.

Skor imbang tak berubah hingga peluit tanda laga usai memaksa kedua tim berbagi satu poin. Barcelona tetap menduduki puncak klasemen karena keunggulan selisih gol dibandingkan Real Madrid, meski keduanya sama-sama memiliki koleksi 36 poin.

Usai laga, Zinedine Zidane selaku juru taktik Real Madrid mengakui bahwa skuadnya lebih layak untuk menang. "Kami pantas memenangkan pertandingan ini. Tapi itu sepakbola, karena kamu tidak selalu mendapatkan apa yang kamu inginkan dari pertandingan," kata dia dikutip Marca.