CEDERA LAWAN VIETNAM

Menpora Amali Motivasi Mental Evan Dimas

Eka
Menpora Amali Motivasi Mental Evan Dimas
Menpora Zainudin Amali memberikan suntikan motivasi terhadap Evan Dimas (ist)

Manila, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan suntikan motivasi kepada Evan Dimas Darmono untuk membangkitkan mentalnya setelah diterpa cedera saat Timnas Indonesia U-23 meladeni Vietnam U-23 pada babak final sepakbola SEA Games di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, kemarin.

"Luar biasa perhatian Pak Menpora Zainudin Amali. Meski Timnas kalah, beliau tetap membesarkan hati (para pemain -red) Timnas, termasuk Evan Dimas yang cedera saat pertandingan final di Manila," tulis Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto dalam akun Instagramnya.

Seperti diketahui, Evan Dimas Darmono cedera ketika Timnas Indonesia melawan Vietnam di final SEA Games 2019 Filipina. Sejak peristiwa itu, Timnas sulit berkembang. Dirinya mengalami cedera pada menit ke-20 setelah ditekel oleh Doan Van Hau di Rizal Memorial Stadium pada Selasa (10/12/2019).

Evan pun tak dapat melanjutkan permainan dan mesti digantikan oleh Syahrian Abimanyu. Tanla Evan di lini tengah membuat keseimbangan Indonesia menurun. Pada prosesnya, Indonesia ditaklukan Vietnam 0-3 dengan dua gol yang diciptakan Van Hau. Sementara Evan harus menggunakan kursi roda saat pengalungan medali perak.

“Pergantian pemain yang bukan dikarenakan taktik itu masalah bagi tim. Jadi, saya pikir dengan cedera Evan, dengan waktu yang baru berjalan 23 menit tentu sangat berpengaruh terhadap progres tim di babak pertama tersebut,” ujar pelatih Indra Sjafri.

Van Hau sempat mendatangi Evan dan saling berpelukan disaat sesi penyerahan medali. Van Hau juga telah menyampaikan permintaan maaf kepada pemain yang merumput bersama klub Barito Putra itu.