SEA Games 2019

Raih Perak, Capaian Beregu Putri Sesuai Target

Hermansyah
Raih Perak, Capaian Beregu Putri Sesuai Target
Tim beregu putri Indonesia meraih medali perak di SEA Games 2019

Manila, HanTer - Tim beregu putri Indonesia meraih medali perak di SEA Games 2019, setelah Gregoria Mariska Tunjung dkk kalah 1-3 dari tim Thailand, saat berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Selasa (3/12/2019). Hasil ini pun sesuai target yang dicanangkan PP PBSI sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti. “Hasil ini sudah sesuai prediksi dan target dari awal. Kekuatan tim Thailand memang lebih unggul, khususnya di sektor tunggal,” kata Susy Susanti.

“Gregoria sudah lumayan tapi masih belum bisa konsisten dalam permainan. Sehingga belum mampu mengatasi Ratchanok. Fitriani dia belakangan kurang bisa mengembangan permainan yang seharusnya. Pola permainan agak berubah dari sebelumnya. Sekarang sering kurang sabar dan buru-buru ingin mematikan lawan. Kami harapkan pelatih bisa membenahinya, seperti permainan waktu di Thailand Open saat dia juara,” tambah Susy.

Indonesia lebih dulu tertinggal 0-1 setelah Gregoria kalah rubber game dari  Ratchanok Intanon dengan skor 13-21, 21-12, 14-21. Kedudukan menjadi sama kuat ketika Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu merebut kemenangan 21-17 dan 21-18 dari Rawinda Prajongjai/Puttita Supajirakul.

Sayang di partai ketiga, Indonesia kembali kehilangan poin setelah Fitriani kalah dari Busanan Ongbamrungphan dengan skor 8-21, 10-21.

Srikadi merah putih akhirnya finis di posisi kedua setelah Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto juga kalah 8-21, 17-21 dari Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong.

“Apri/Ketut tampil cukup baik dengan mengalahkan ganda andalan Thailand. Meski mereka baru berpasangan, tapi mereka bisa saling mengisi. Sementara Fadia/Ribka mereka masih belum bisa keluar dari tekanan. Kami harapkan kedepannya bisa lebih baik lagi. Karena ini pengalaman mereka tampil di SEA Games,” jelas Susy.

Pulang dengan medali perak, capaian tim beregu putri berhasil meningkat dari SEA Games 2017 di Malaysia. Saat itu Indonesia membawa pulang medali perunggu.

Sementara itu, Tim beregu putra Indonesia akan menghadapi Malaysia di partai final yang akan berlangsung hari ini, Rabu (4/12/2019).

Jonatan Christie, dipercaya untuk membuka kemenangan pertama bagi tim Merah Putih saat menghadapi Lee Zii Jia, lantaran jika dilihat dari rekor pertemuannya, Jonatan mempunyai catatan yang meyakinkan dengan kemenangan utuh selama empat kali bertemu.

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan melawan Aaron Chia Teng Fong/Soh Wooi Yik di partai kedua. Berkebalikan dengan Jonatan, Fajar/Rian justru belum pernah menang dari calon lawannya itu. Namun Fajar/Rian mengaku tak gentar dan bersiap untuk tampil maksimal.

Selanjutnya pemain ketiga yang diturunkan adalah Anthony Sinisuka Ginting. Anthony diharapkan bisa mendulang poin untuk Indonesia, dengan mengalahkan Soong Joo Ven. Sedangkan g
anda putra kedua akan mempertemukan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf dengan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Kemudian di partai terakhir akan tampil Shesar Hiren Rhustavito menghdapai Lim Chong King.