SEA GAMES 2019

Asa Garuda Muda ke Semifinal Masih Terbuka

Eka
Asa Garuda Muda ke Semifinal Masih Terbuka
para pemain timnas u23 (ist)

Manila, HanTer - Kekalahan membuat angkah Garuda Muda untuk mempercepat lolos ke semifinal SEA Games 2019 tertunda. Itu tak lepas setelah tim asuhan pelatih Indra Sjafri di paksa menyerah dengan skor 2-1 saat menghadapi Vietnam pada pekan ketiga penyisihan Grup B di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu, 1 Desember 2019.

Sebelumnya tim berjuluk Garuda Muda membuka asa untuk mempercepat langkah menuju semifinal ketika sempat unggul 1-0 oleh Vietnam. Adalah Sani Rizki Fauzi yang membuka asa setelah sang pemain menyarangkan bola ke gawang lawan pada menit ke-22. Skor tersebut bertahan sampai turun minum.

Akan tetapi petaka terjadi di paruh kedua. Vietnam yang meningkatkan intensitas serangan berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 melalui Nguyen Thanh Chung pada menit ke-64. Dan petaka kembali terjadi di penghujung laga.

Dimana detik-detik sebelum laga bubar, Vietnam membalikkan kedudukan menjadi 2-1 melalui gol yang dilesakkan gelandang Viettel FC, Hoang Duc. Kekalahan, pun membuat Indonesia wajib menyapu kemenangan pada dua laga tersisa, yakni melawan Brunei dan Laos.

Indra Sjafri mengatakan, secara permainan cukup imbang. Evaluasi akan segera dilakukan dan para pemain diminta segera fokus ke pertandingan berikutnya. "Vietnam bermain sangat ofensif di babak kedua. Sayang kita kecolongan di penghujung laga," kata dia usai laga.

Dengan hasil ini, Indonesia sementara tergusur ke posisi ketiga di bawah Vietnam dan Thailand. Vietnam mengoleksi nilai sembilan, sedangkan Thailand mengumpulkan enam poin atau sama dengan Indonesia. Namun mereka unggul selisih gol setelah pada hari yang sama menang 3-0 atas Singapura.

Untuk mengamankan tiket ke semifinal, Indonesia harus menang di dua laga terakhir dan wajib mencetak banyak gol. Sesuai regulasi turnamen, peringkat klasemen dilihat dari nilai yang dikumpulkan dan kemudian selisih gol mana kala tim memiliki poin yang sama.

Asa Indonesia untuk melaju ke fase empat besar tetap dapat dikatakan terbuka lebar, mengingat dua lawan tersisa adalah Laos dan Brunei Darussalam yang merupakan tim-tim terlemah di Grup B.

Peluang Indonesia juga terhitung cukup besar, karena Thailand dan Vietnam akan baku hantam di pekan terakhir. Hasil pertandingan kedua tim tersebut akan ikut menentukan peluang Indonesia untuk ke semifinal.

Oleh karena tiga pertandingan matchday terakhir akan digelar bersamaan pada Kamis (5/12/2019) petang, tak ada jalan bagi Indonesia kecuali harus memetik kemenangan besar atas Laos dan Brunei untuk mengantisipasi kemungkinan Thailand, Vietnam, dan Indonesia sama-sama finis dengan nilai 12.

KLASEMEN SEMENTARA (GRUP B)
POS*TIM*MAIN*M*S*K*GM-GK*P

1*Vietnam U23*3*3*0*0*14-2*9
2*Thailand U23*3*2*0*1*10-2*6
3*Indonesia U23*3*2*0*1*5-2*6
4*Laos U23*3*1*1*1*4-6*4
5*Singapura U23*3*0*1*2*0-5*1
6*Brunei U23*3*0*0*3*0-16*0

#indonesia   #u23   #seagames   #semifinal   #vietnam   #2-1   #peluang   #indrasjafri