KOMPETISI LIGA INGGRIS

Leicester City Tempel Ketat Liverpool

Eka
Leicester City Tempel Ketat Liverpool
Kelechi Iheanacho (kiri/ist)

Leicester, HanTer - Sempat tertinggal lebih dulu, Leicester City bangkit dengan membalikkan kedudukan menjadi 2-1 saat menjamu Everton dalam lanjutan kompetisi Premier League pekan ke-14 yang berlangsung di King Power Stadium, Senin (2/12/2019) dini hari WIB.

Adalah Jamie Vardy dan Kelechi Iheanacho yang menjadi bintang lapangan Leicester City setelah keduanya masing-masing melesakkan satu gol ke gawang Everton. Sementara gol pembuka tim tamu yang sempat mengejutkan publik tuan rumah diciptakan Richarlison pada menit ke-23.

Kemenangan pun membuka peta persaingan bagi Leicester City untuk mengejar gelar juara. Dimana saat ini tim asuhan pelatih Brendan Rodgers kembali duduk ke peringkat dua dengan mendulang 32 angka. The Foxes, julukan Leicester City tertinggal delapan poin dari Liverpool selaku pemuncak klasemen.

Tak hanya itu, tiga angka di kandang sendiri turut menjauhkan jarak poin mereka dengan Manchester City yang bercokol di peringkat tiga. Usai laga Rodgers selaku juru taktik menyebut kunci kemenangan yang berhasil didapatkan anak asuhnya tak lepas karena buah kerja keras serta pantang menyerah.

"Saya pikir kami pantas mendapatkannya. Sulit di babak pertama, mereka duduk tetapi kami berusaha tetap positif dan memainkan permainan ofensif kami. Untuk datang dari belakang juga menunjukkan kualitas dan pola pikir tim ini untuk terus berjalan," kata dia dikutip BBC Sport.

"Di tim bagus mana pun Anda harus memiliki itu. Tim terbaik memiliki semangat. Ini adalah tim yang begitu kuat bersama. Kelechi adalah demonstrasi luar biasa dari seseorang yang berlatih dengan sikap yang baik setiap hari. Mereka memungkinkan tim ini berkembang untuk tingkat itu telah di karena mereka bekerja keras dalam pelatihan."

"Momentum sangat penting. Saya sangat senang melihat para pemain memiliki kesabaran dan keyakinan bahwa mereka dapat secara konsisten mendapatkan hasil. Kami menemukan cara dengan kualitas dan tekad. Ini kemenangan yang sangat bagus, sekarang kami memiliki pertandingan besar lagi di sini pada hari Rabu," tegasnya.

Ya, kemenangan Leicester City sendiri tak lepas dari peranan sentral Video Assistant Referee atau VAR. Iheanacho selaku penentu kemenangan The Foxes, menerima umpan Ricardo Pereira yang melakukan satu gerak tipu sebelum mengarahkan bola ke dalam gawang Everton kawalan Jordan Pickford.

Iheanacho kemudian merayakan gol tersebut sebelum akhirnya menyadari bendera tanda offside sudah diangkat oleh asisten wasit. Leicester kemudian patut bersyukur dengan teknologi VAR yang sudah diterapkan. Lewat VAR, wasit Graham Scott mengetahui Iheanacho bebas dari posisi offside dan kemudian mengesahkan gol tersebut.