SEA Games 2019

Tumbangkan Thailand, Poin Sempurna Garuda Muda

Eka
Tumbangkan Thailand, Poin Sempurna Garuda Muda
Seleberasi para pemain Timnas Indonesia U-23

Manila, HanTer - Hasil positif sukses dipetik Timnas Indonesia U-23 setelah berhasil membungkam Thailand dengan skor tipis 0-2 pada pekan pertama babak penyisihan Grup B SEA Games ke-30 yang berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019)/.

Adalah Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay yang menjadi sosok 'penghancur' kekuatan Thailand ketika keduanya menyumbang gol bagi skuad Garuda Muda, julukan Timnas Indonesia U-23. Egy mencetak gol pembuka pada menit ke-3 dan Osvaldo Haay menit 85.

Kemenangan itu tentu saja membuka jalan Andy Setyo dan kawan-kawan untuk lolos ke semifinal. Usai laga, pelatih Indonesia Indra Sjafri mengaku bersyukur atas kemenangan ini. Apalagi laga ini adalah pertandingan perdana timnya di ajang SEA Games 2019.

"Alhamdulilah bersyukur bisa menang melawan Thailand. Kemenangan di laga perdana sangat penting untuk modal melakoni laga-laga selanjutnya," kata Indra Sjafri usai pertandingan, kemarin.

Pelatih yang sukses membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-23 2019 ini menyebut sudah mempersiapkan pola permainan meredam Thailand. Dan sore ini anak asuhnya menjalankan strategi dengan baik.

"Kami juga sudah adaptasi lapangan sintetis sebelumnya. Terima kasih kepada PSSI yang telah memberikan fasilitas kepada kami agar dapat latihan di lapangan sintetis. Termasuk program uji coba dengan lawan-lawan yang berkualitas," tambah Indra.

Sementara, penyerang Indonesia, Osvaldo Haay bersyukur dapat mencetak gol dan mengantar kemenangan Indonesia atas Thailand. "Kami hari ini bermain bagus, sangat senang dapat mengalahkan Thailand. Selanjutnya kami harus fokus karena masih ada empat pertandingan lagi di penyisihan grup," kata Osvaldo.

Pada laga selanjutnya, Indonesia akan melawan Singapura di tempat yang sama, 28 November mendatang. Laga Indonesia melawan Singapura akan kick off pukul 20.00 WIB. Kemudian skuad Indra Sjafri menjajal kekuatan salah satu favorit peraih gelar, Vietnam.

Selanjutnya Garuda Muda akan melakoni laga yang relatif lebih ringan di dua pertandingan terakhir. Pada pertandingan keempat Witan Sulaeman dan kawan-kawan dihadapkan pada partai melawan Brunei Darussalam di Stadion Binan, Selasa (3/12/2019), pukul 19.00 WIB.

Namun tetap, bisa dibilang, pada gelaran SEA Games kali ini, skuad Garuda Muda berada di 'Grup Neraka' di SEA Games 2019. Timnas Indonesia U-23 menempati Grup B bersama Thailand, Vietnam, Laos, Singapura, dan Brunei Darussalam.