JelangSEA Games 2019 Filipina

Lawan Tuan Rumah Jadi Ujian Pertama Timnas Polo Air Putra Indonesia

Hermansyah
Lawan Tuan Rumah Jadi Ujian Pertama Timnas Polo Air Putra Indonesia
Timnas Polo Air Putra Indonesia saat bersama juara tinju asal Filipina, Manny Pacquiao.

Clark City, HanTer - Timnas Polo Air Putra Indonesia akan menjalani ujian pertama di laga perdana 30th SEA Games 2019, melawan tuan rumah Filipina Selasa, 26 November 2019. Laga ini berlangsung di New Clark City Aquatic Center di Capas, Tarlac, pada pukul 19.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB. 

Timnas Polo Air Putra Indonesia ingin meraih hasil lebih baik, dibanding SEA Games 2017 Malaysia, yang menempati peringkat dua dibawah Singapura. Saat itu, Indonesia sebenarnya memiliki poin sama dengan Singapura, namun hanya kalah selisih gol dari Singapura. Pelatih Timnas Polo Air Indonesia asal Serbia, Milos Sakovic sangat percaya diri pasukannya bisa meraih hasil terbaik di laga perdana.

Saat turnamen Jakarta Open, Timnas Filipina dua kali melawan Tim DKI Jakarta yang sebagian besar dihuni pemain Timnas. Hasilnya di laga pertama tim DKI kalah 4-11 dan di laga kedua pada final Tim DKI menang 11-9. Di bulan Agustus 2019 pada Panasonic 21st Asia Pasific Water Polo Tournament di Hongkong, Indonesia Kalah dari Filipina 5-7. 

Namun pada pertemuan terakhir di awal Desember, saat test event SEA Games, Timnas Indonesia menang atas tuan rumah Filipina 11-6. Laga ini juga dalam rangka uji coba New Clark City Aquatic Center. "Kita sudah beberapa kali bertemu, secara rekor pertemuan memang Indonesia masih unggul. Kita tetap tidak boleh menganggap remeh lawan. Karena setiap pertandingan situasinya berbeda. Saat ini, kami dalam kondisi fit dan akan memberikan yang terbaik melawan Filipina," ujar Milos. 

Hal senada juga diungkapkan para pemain, seperti Ridjkie Mulia yang baru satu minggu bergabung dengan Timnas. Ridjkie sebelumnya selama 3,5 bulan membela klub Serbia, dan tentu pengalamannya sangat dibutuhkan tim. "Pastinya akan seru melawan Filipina dan tentu tuan rumah akan ramai dukungan. Semoga pengalaman saya selama di Serbia bisa membantu kemenangan tim," ucap Ridjkie.

Sementara itu, Pelatih Timnas Polo Air Putra Filipina, Rey Galang mengatakan Filipina mengincar medali pada ajang SEA Games 2019 ini. Pada SEA Games sebelumnya, Filipina harus puas di peringkat keempat atau tidak mendapat medali. 

Di SEA Games 2017, Filipina kalah 2-5 dari Indonesia. "Tapi kali ini kami percaya diri karena pernah mengalahkan Indonesia dua kali di tahun ini," tegas Galang. 

Sebelum laga Indonesia, juga ada pertandingan antara Malaysia melawan Thailand.