Tottenham Hotspur Tunjuk Mourinho jadi Suksesor

Eka
Tottenham Hotspur Tunjuk Mourinho jadi Suksesor
Jose Mourinho (ist)

London, HanTer - Setelah mendepak Mauricio Pochettino dari kursi pelatih, manajemen Tottenham Hotspur akhirnya resmi memperkenalkan Jose Mourinho sebagai suksesor barunya. Pria berpaspor Portugal itu mendapat kepercayaan untuk menukangi Harry Kane dan kolega sampai musim 2022-2023.

Jose Mourinho telah menganggur selama 11 bulan sejak dipecat Manchester United pada Desember 2018. Ruang ganti yang tak harmonis dan rentetan hasil buruk membuat manajer berpaspor Portugal itu didepak dari Old Trafford.

Bos Tottenham, Daniel Levy, dikabarkan sudah menjadikan Mourinho target utama untuk menggantukan Pochettino sejak beberapa waktu lalu. Apalagi, Mourinho belum mendapat klub baru.

Sementara berbicara gaji, laman Tuttomercato menerangkan, Jose Mourinho akan menerima upah yang lebih kecil dibanding saat menukangi Manchester United, yakni mencapai 20 juta pounds atau Rp363 miliar per tahun. Namun, bersama The Lily White ia tidak akan menerima gaji sebesar itu.

Awalnya Jose Mourinho meminta nilai kontrak yang sama seperti saat dirinya di Old Trafford. Namun, permintaannya tidak dikabulkan bos Spurs. Setelah melakukan negosiasi lanjutan, Mourinho dikabarkan setuju menurunkan nilai kontraknya. Dia dikabarkan akan menerima gaji 13 juta pounds (Rp 236 miliar) per tahun.

Nominal tersebut sama seperti yang diterima Pochettino di Spurs. Alhasil, Jose Mourinho akan mendapat gaji tidak sebesar yang diberikan Manchester United. Selain itu, brand Tottenham Hotspur belum bisa menyamai Manchester United. Sementara itu, Tottenham Hotspur menuliskan pengumuman tentang penunjukan manajer baru di situs resmi.

"Jose merupakan satu di antara manajer paling sukses dalam sepak bola. Dia memiliki banyak pengalaman, dapat menginspirasi tim dan ahli taktik yang hebat. Dia telah memenangkan banyak penghargaan di setiap klub yang dilatih. Kami percaya Mourinho akan membawa energi dan kepercayaan ke ruang ganti," tulis Daniel Levy.

Jose Mourinho juga mengutarakan pendapat terkait posisinya di Tottenham Hotspur. "Saya senang bergabung dengan klub yang skuat luar biasa dan pendukung fanatik. Kualitas di skuad dan akademi membuat saya senang. Bekerja dengan para pemain inilah yang telah menarik minat saya," ujar dia.