EL CLASICO ASIA TENGGARA

Tantang Malaysia, Elang Muda Asia Siap Goreskan Luka

Eka
Tantang Malaysia, Elang Muda Asia Siap Goreskan Luka
Tim sepakbola pelajar u18 (ist)

Balikpapan, HanTer - Tim sepakbola pelajar Indonesia U-18 bertekad menggoreskan luka terhadap tim sepakbola pelajar Malaysia U-18 ketika kedua kesebelasan bertemu pada babak semifinal Asian School Football Championship (ASFC)  ke-47 yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (22/11/2019) sore WIB. 

Kemenangan menjadi incaran tim asuhan pelatih Bambang Warsito guna menjaga asa melaju ke babak final sekaligus menjuarai turnamen antar pelajar tingkat Asia tahun ini. Sebab, tampil dihadapan para pendukungnya sendiri, Supriyadi dan kawan-kawan juga bertekad meraih gelar juara.

Selain itu, kemenangan dibidik tim sepakbola pelajar Indonesia U-18 yang merupakan produk dari hasil seleksi kejurnas antar PPLP/PPLPD dan SKO tersebut guna mengobati luka yang baru saja dialami Timnas sepakbola senior Indonesia pasca dipaksa menyerah 2-0 pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa lalu.

"Malaysia kami rasa akan menjadi lawan yang lebih ringan dibanding kita ketemu Thailand di semifinal. Mereka tidak terlalu cepat khususnya dalam serangan balik. Mereka punya permainan biasa-biasa saja," ujar Bambang Warsito saat dihubungi, Rabu (20/11/2019) kemarin.

Coach Ito, sapaan karib Bambang Warsito, pun akan mengerahkan kekuatan terbaik meski saat ini ia masih menunggu kabar dari kondisi sang kapten, Supriyadi yang tengah cedera. "Insya Allah mudah-mudahan kita bisa tampil dengan kekuatan penuh," kata coach Ito 

"Saat ini hanya Supriyadi yang perkembangannya masih kita pantau. Ia masih mengalami rasa ngilu di bagian kaki setelah melawan Korea pada pekan kedua (penyisihan Grup B -red). 

Kendati dari statistik dan keyakinan mampu menumbangkan Malaysia, Elang Muda Asia, julukan tim pelajar U-18 Indonesia yang notabene merupakan kesebelasan binaan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi Pembudayaan Olahraga, tetap pantang jemawa.

Seperti diketahui, Elang Muda Asia memastikan tempat ke semifinal ASFC ke-47/2019 dengan status sebagai juara Grup B. Mereka didampingi Korea selaku runner-up. Tim Sepakbola Pekajar U-18 Indonesia akan menantang Malaysia selaku runner-up Grup A. Sedangkan Korea akan menjajal kekuatan Thailand sebagai pemuncak Grup A sekaligus penyandang status juara pada edisi 2018. 

Turnamen ISFC ke-47 U-18 tahun ini di ikuti delapan negara Asia. Selain Indonesia, ada juga Korea, Thailand, Malaysia, Singapura, India, Sri Lanka, dan China. Kedelapan kontestan terbagi menjadi dua grup.

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Jumat, 22 November 2019
WAKTU: 19.00 WIB
TEMPAT: Stadion Batakan