Enrique Kembali Tangani Spanyol Hingga 2022

Eka
Enrique Kembali Tangani Spanyol Hingga 2022
Luis Enrique (ist)

Madrid, HanTer - Rumor kembalinya Enrique benar adanya. RFEF selaku federasi tertinggi sepakbola Spanyol memutuskan merekrut kembali mantan pelatih Barcelona itu setelah sempat mundur dari kursi pelatih karena ada alasan pribadi yang tidak bisa ditinggalkan.

Enrique merupakan manajer Timnas Spanyol sejak tahun 2018 kemarin. Ia menggantikan Fernando Hierro selaku pelatih Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 silam.  Namun belum genap satu tahun menjadi manajer Timnas Spanyol, Luis Enrique mundur dari jabatannya Maret silam.

Namun baru lima bulan absen, Enrique resmi dikonfirmasi kembali ke Timnas Spanyol. Ia menggantikan Robert Moreno yang membawa Timnas Spanyol lolos ke Euro 2020.

Presiden RFEF, Luis Rubiales mengatakan bahwa sejak awal Timnas Spanyol selalu menunggu kembalinya Enrique ke tim mereka. "Semua orang tahu bahwa Luis Enrique ingin kembali ke tim ini jika pintu tim ini terbuka. Ia akan kembali melatih Timnas Spanyol hingga Piala Dunia Qatar," ujar Rubiales yang dikutip BBC Sports.

Sebelumnya, di tengah rumor kembalinya Luis Enrique menukangi timnas Spanyol, sederet bintang La Furia Roja mengatakan kalau mereka masih ingin dilatih oleh pelatih tim saat ini yaitu Roberto Moreno. Moreno mulai menukangi timnas Spanyol sejak Luis Enrique memutuskan untuk mundur pada Maret silam.

Dan sejak ditangani oleh Moreno, Spanyol tercatat tak pernah terkalahkan di sembilan laga dan merebut satu tempat di ajang Piala Eropa tahun depan. Kemenangan atas Malta dan Rumania dalam sepekan terakhir memastikan Spanyol mengakhiri babak kualifikasi Piala Eropa sebagai pemuncak klasemen Grup F dengan 26 angka.

Sayang masa depan Moreno justru tak jelas pasca kesuksesan tersebut setelah beberapa media negeri matador mengabarkan kalau Luis Enrique bakal ditunjuk oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) untuk kembali menukangi David De Gea dan kolega.