Lippi Tinggalkan China (lagi)

Eka
Lippi Tinggalkan China (lagi)
Marcello Lippi (ist)

Dubai, HanTer - Marcello Lippi memutuskan untuk pamit dengan meninggalkan kursi pelatih Timnas China. Ini merupakan hengkang yang dilakukan kedua kali. Itu tak lepas setelah tim besutannya dipaksa menyerah oleh Suriah saat mengarungi pekan keempat Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan skor 2-1 di Dubai, Kamis (14/11/2019) lalu.

Memang, kekalahan belum membuat China tersingkir dan gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 2022. Akan tetapi, keputusan itu diambilnya sebagai bentuk tanggung jawab seorang pelatih terhadap kinerja tim yang dianggap belum mampu mendongkrak performa.

"Jika saya menghadirkan tim seperti ini di lapangan, saya hanya akan menghasilkan banyak uang. Dan saya tidak ingin mencurinya dari mereka. Karena itu, saya mengundurkan diri malam ini. Keputusan itu saya rasa tidak perlu dibatalkan," kata Lippi seperti dilansir Football Italia, Jumat (15/11/2019).

Meski belum dipastikan tersingkir, kekalahan tetap membuat China terancam gagal. Sebab pil pahit membuat posisi mereka di urutan dua terancam digusur Filipina yang mendulang poin sama, yakni tujuh angka. Dan untuk juara Grup A, tentu sulit karena tertinggal lima poin dari Suriah.