47th Asian School Football Championship 2019

Elang Muda Asia Rindu Juara

Eka
Elang Muda Asia Rindu Juara
Tim Elang Muda Asia

Jakarta, HanTer - Timnas Pelajar U-18 Indonesia yang berada dibawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ditargetkan mampu meraih gelar juara saat mengarungi turnamen sepakbola bergengsi tingkat Asia bertajuk Asian School Football Championship (ASFC) ke-47 yang berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 17-25 November mendatang.

Target tersebut dibidik karena dua hal. Pertama, tentu memanfaatkan keuntungan ketika bermain di markas sendiri. Yang kedua, target juara menjadi bidikan dari tim berjuluk Elang Muda Asia dalam upaya melepas kerinduan. Dimana skuad asuhan pelatih Bambang Warsito sudah lama tak mencicipi gelar juara.

"Memang kita memimpikan juara seperti beberapa puluh tahun sebelumnya. Dari 47 hajatan pelajar Asia kita baru merasakan juara enam kali. Jadi rasanya masih kurang. Kita harus memecahkan kebuntuan lama tidak juara," kata Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta di Media Center Kemenpora, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

"Mohon doanya semoga bisa masuk final dan syukur-syukur untuk memecahkan kebuntuan juara terpenuhi. Kami yakin anak-anak kita motivasinya sudah tinggi dan sudah di persiapkan lebih dari dua bulan untuk TC," sambung pria kelahiran Kulonprogo tersebut.

Ia meyakini skuad Elang Muda Asia mempunyai spirit tinggi untuk memenangkan trofi juara. Sebab ada motivasi lain bagi Ahmad Athallah Araihan dan kolega, yakni berlomba untuk menatap tampil ke Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia pada 2021 mendatang.

"Dan dari sisi umur, anak-anak termotivasi karena ingin juga masuk ke skuad Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang," kata Isnanta.

Berbicara tentang potensi untuk menembus skuad Timnas Indonesia U-20 yang akan mengarungi gelaran Piala Dunia di kandang sendiri, Kemenpora pun membuka tangan kepada federasi dalam hal ini PSSI. "Nantinya itu urusan teknis PSSI," ujarnya.

"Karena ada tugas dan wilayah masing-masing. Jelas urusan timnas itu urusan PSSI. Kita (Kemenpora -red) ikut membina usia muda karena faktanya usia muda belum optimal. Setelah kita 'hidangkan' silahkan dinikmati hidangan itu. Kalau ada yang enak, ambilah. Tapi jangan sampai ada barang enak, tidak diambil," tegas dia.

Sementara berbicara bonus, Kemenpora mengaku tidak menjanjikan. Namun akan ada apresiasi khusus bagi para pemain. Terpenting, jelas Isnanta, Elang Muda Asia fokus mengejar target meraih gelar juara dalam turnamen ASFC ke-47 2019 yang di ikuti delapan negara tingkat Asia termasuk Indonesia.

ASFC 2019 terbagi menjadi dua grup, yakni A dan B. Di partai pembuka, Elang Muda Asia akan menghadapi Srilanka di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, 17 November mendatang.