47th Asian Schools Football Championship U-18

Athallah Bertekad Bawa Indonesia Juara ASFC U18 Tahun 2019

Hermansyah
Athallah Bertekad Bawa Indonesia Juara ASFC U18 Tahun 2019
Athallah Ar Raihan

Jakarta, HanTer - Ajang tahunan Asian School Football Championship kini memasuki edisi ke-47. Ajang itu akan berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 15-25 November 2019 dengan peserta mencapai delapan negara.

ASFC ke-47 ini akan dihelat di dua stadion yang berada di Kota Balikpapan, yakni Batakan dan Sudirman. Kegiatan ini diikuti tim yang pemainnya masih usia pelajar, karena itu yang boleh main adalah U-18.

Kegiatan ini rutin setiap tahun digelar dengan negara-negara yang selalu ambil bagian di event ini, secara bergantian menjadi tuan rumah. Indonesia sendiri diharapkan bisa meraih prestasi tinggi di Balikpapan, karena menjadi tuan rumah. Untuk ASFC 2019 kali ini, negara yang ambil bagian antara lain Korea, China, Thailand, Singapura, India, Malaysia, Srilanka, dan Indonesia.

Program ini merupakan salah satu kegiatan yang berada di bawah kendali Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI.

ASFC juga memiliki sinkronisasi program dengan Inpres 3/2019 tentang percepatan pembangunan sepak bila nasional. Sebab, pesepak bola muda Indonesia mendapatkan wadah turnamen yang berkualitas. Menghadapi negara-negara lain yang sepak bolanya berada di level atas dan juga ada negara yang selevel dengan Indonesia.

Sebelumnya, Tim Pelajar Indonesia selalu nyaris juara. Di edisi 2017, saat itu digelar di Iran, tim Pelajar Indonesia takluk dari tuan rumah di partai puncak. Demikian juga di 2018 yang digelar di India, Indonesia gagal juara setelah dikalahkan Thailand.

Untuk perangkat pertandingan, Kemenpora menggandeng Wasit, Asisten Wasit, dan juga match commissioner dari PSSI. Dengan begitu, kualitas laga dan pelaksanaan laws of the game sesuai kaidah FIFA, otoritas sepak bola dunia, bisa terjaga.

Dari ajang ini, sudah lahir bakat-bakat sepak bola nasional yang menghiasi materi Timnas Indonesia mulai dari kelompok umur sampai senior.

Indonesia sendiri akan diwakili oleh tim dari SKO Ragunan yang sudah melahirkan banyak nama top. Mereka seperti Andritany Ardyasa (kiper Timnas), Ramdani Lestaluhu, kemudian di level usia muda ada beberapa pemain di angkatannya Evan Dimas, dan yang terkini ada sosok seperti Witan Sulaeman serta Egy Maulana Vikri.

Pemain Timnas U-19 nantinya juga akan banyak menghiasi tim Pelajar Indonesia yang tampil di turnamen ini. Sebut saja seperti Supriadi, Komang Teguh, Athallah Ar Raihan dan banyak lagi.

Sejurus dengan itu, Athallah Ar Raihan cs memiliki tekad untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya guna meraih prestasi di ajang ini. "Saya dan teman-teman siap menjadikan Indonesia juara di Asian School football Championship ke-47 di Balikpapan. Asia bersatu taklukkan dunia!!. Unite and conquer the world!!," ucapnya.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta meyakini jika skuad berjuluk Elang Muda Asia itu mempunyai spirit tinggi untuk memenangkan trofi juara. Sebab ada motivasi lain bagi Ahmad Athallah Araihan dan kolega, yakni berlomba untuk menatap tampil ke Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia pada 2021 mendatang. "Dari sisi umur, anak-anak termotivasi karena ingin juga masuk ke skuad Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang," kata Isnanta.

Sementara itu, berbicara tentang potensi untuk menembus skuad Timnas Indonesia U-20 yang akan mengarungi gelaran Piala Dunia di kandang sendiri, Kemenpora pun membuka tangan kepada federasi dalam hal ini PSSI. "Nantinya itu urusan teknis PSSI," ujarnya.

"Karena ada tugas dan wilayah masing-masing. Jelas urusan timnas itu urusan PSSI. Kita (Kemenpora -red) ikut membina usia muda karena faktanya usia muda belum optimal. Setelah kita 'hidangkan' silahkan dinikmati hidangan itu. Kalau ada yang enak, ambilah. Tapi jangan sampai ada barang enak, tidak diambil," tegas dia.

Sedangkan berbicara bonus, Kemenpora mengaku tidak menjanjikan. Namun akan ada apresiasi khusus bagi para pemain. Terpenting, jelas Isnanta, tim Elang Muda Asia fokus mengejar target meraih gelar juara dalam turnamen ASFC ke-47 2019 yang di ikuti delapan negara tingkat Asia termasuk Indonesia.

ASFC 2019 terbagi menjadi dua grup, yakni A dan B. Di partai pembuka, Elang Muda Asia akan menghadapi Srilanka di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, 17 November mendatang.