BELANJA PEMAIN BESAR-BESARAN

Manchester City Bergegas di Januari 2020

Eka
Manchester City Bergegas di Januari 2020
Pep Guardiola (ist)

Manchester, HanTer - Kekalahan yang dialami Manchester City dengan skor menyakitkan 1-3 oleh Liverpool dalam laga super bigmatch pekan lalu di pentas Premier League membuat upaya mereka untuk mempertahankan sekaligus mendapatkan gelar ketiganya secara beruntun musim ini, mulai pesimis.

Namun untuk mengembalikan rasa optimis, Pep Guardiola selaku juru taktik telah mengajukan proposal pencairan dana kepada manajemen klub sebesar 100 juta poundsterling atau setara dengan Rp1,8 triliun guna mendatangkan pemain baru pada jendela transfer musim dingin, Januari mendatang.

Pep tak main-main, sebab terlihat ketimpangan skuadnya dibandingkan dengan musim lalu. Terlebih ketika sosok kapten Vincent Kompany telah melakukan perpisahan dengan klub tersebut akhir musim lalu. Hilangnya Kompany membuat benteng pertahanan The Citizens, julukan Manchester City rapuh.

Bisa dikatakan, tidak adanya pelapis yang sepadan dengan kualitas Kompany menjadi bumerang bagi Pep Guardiola. Lini pertahanan tampak kian goyah menyusul cederanya Aymeric Laporte dalam jangka panjang. Sehingga City mengalami krisis di sektor bek tengah.

Selain mengejar pemain berkualitas untuk mempoerkokoh jantung pertahanan, City juga akan menargetkan mencari pengganti untuk meneruskan peranan David Silva, yang berada di musim terakhirnya di klub. Selain itu turut pula mencari sosok striker guna melapisi Sergio Aguero, yang kontraknya akan habis 2021 mendatang.

"Itu memberi City masalah besar dalam upaya mereka untuk memenangkan gelar Liga Premier ketiga berturut-turut, dengan Liverpool menang 11 dan seri satu dari 12 pertandingan Liga Premier mereka sejauh ini," demikian kalimat yang dikutip laman Daily Mail, kemarin.

Saat ini, Pep Guardiola memaksimalkan kekuatan yang ada. Dalam ketidakhadiran Laporte, gelandang Fernandinho telah bermain keluar dari posisinya untuk di plot sebagai bek tengah. Namun juru taktik berpaspor Spanyol kembali dipusingkan dengan cederanya John Stones.

Sedangkan Phil Foden sedang dipersiapkan sebagai pengganti David Silva di lini tengah City, tetapi belum diberi banyak waktu permainan di papan atas. Dan pengganti Aguero akhirnya juga akan menjadi target karena Guardiola ingin memberikan kompetisi untuk menjaga lini depannya.

Tak ayal bila Pep Guardiola berencana untuk mendatangkan tiga pemain pada Januari, yang akan menelan biaya setidaknya 100 juta poundsterling. Ada juga spekulasi bahwa Guardiola akan meninggalkan klub, dengan istrinya Cristina yang lebih dulu kembali ke Spanyol. Tetapi sumber mengatakan manajer City akan melihat sisa 18 bulan kontraknya.

KLASEMEN SEMENTARA (5 BESAR)
POS*KLUB*MAIN*M*S*K*GM-GK*P
1*Liverpool*12*11*1*0*28-10*34
2*Leicester City*12*8*2*2*29-8*26
3*Chelsea*12*8*2*2*27-17*26
4*Manchester City*12*8*1*3*35-13*25
5*Sheffield United*12*4*5*3*13-9*17