PENGGANTI SIMON MCMENEMY

Eks Pelatih Korea Berpotensi Jegal Elektabilitas Milla

Eka
Eks Pelatih Korea Berpotensi Jegal Elektabilitas Milla
Shin Tae-yong (ist)

Jakarta, HanTer - Setelah resmi memutus kontrak Simon McMenemy selaku juru taktik Timnas Indonesia, sejumlah nama bermunculan untuk meramaikan bursa kandidat untuk menangani Garuda, julukan Indonesia. Dan ada dua sosok terkuat yang menghiasi bursa.

Keduanya ialah Luis Milla dan Shin Tae-yong. Dari tingkat kepopuleran, elektabilitas Luis Milla untuk kembali menangani Timnas Indonesia cukup besar. Sebab juru taktik berpaspor Spanyol itu sebelumnya sempat menangani Timnas U-23 yang di proyeksikan pada ajang Asian Games 2018.

Namun PSSI memutuskan kerjasama dengannya. Beragam kontroversi pun muncul ihwal perceraian Indonesia dengan Milla. Terlebih Milla mengakui telah jatuh cinta dan menganggap Indonesia sebagai rumah keduanya setelah Spanyol.

Kepiawaian dalam meramu skema, memang belum di buktikan dengan titel juara. Akan tetapi masyarakat Indonesia, khususnya para pecinta sepakbola di tanah air mulai jatuh cinta ketika menyaksikan dan melihat filosofi yang ditanamkan sang juru taktik.

Tak ayal saat berpisah, banjir protes dilayangkan masyarakat melalui berbagai lini massa daring kepada PSSI yang saat itu berada dibawah kepemimpinan Edy Rahmayadi. Kini asa kembali terbuka. Dan tentu pecinta sepakbola Indonesia berharap kerinduannya melihat ramuan Luis Milla menjadi realita.

Kendati mempunyai elektabilitas yang sangat tinggi, namun semua keputusan akhir ada di tangan PSSI. Apalagi tak bisa di pungkiri, satu kandidat kuat lain, yakni Shin Tae-yong bukan pelatih kacangan. Ia bisa saja menjegal asa Milla datang ke Indonesia dengan modal cv sebagai eks pelatih Korsel di Piala Dunia 2018.

Berita tentang kehadiran Shin yang akan melatih Indonesia, mendapat respons baik dari pelatih timnas Timor Leste U-19, Lee Min-young. Pelatih wanita asal Korea Selatan ini percaya jika sosok Shin mampu membangkitkan sepakbola Indonesia seperti halnya Park Hang-seo yang kini sedang menangani Vietnam.

"Saya tahu betul Shin Tae-yong karena dia adalah pelatih yang pernah berkiprah di Piala Dunia. Kalau Shin Tae-yong yang akan datang, pasti dia akan menjadikan Indonesia timnas yang tangguh seperti Vietnam dan bahkan lebih tangguh," kata Lee.