KUALIFIKASI PIALA ASIA U-19/2020

Awal Manis Timnas U-19 di Pekan Pertama

Eka
Awal Manis Timnas U-19 di Pekan Pertama
Para pemain Timnas Indonesia U-19 (ist)

Jakarta, HanTer - Hasil manis sukses digenggam Timnas Indonesia U-19 saat mengawali pekan pertama babak penyisihan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19. Tampil dihadapan pendukungnya sendiri, tim asuhan pelatih Fakhri Husaini mengamankan poin penuh usai membungkam Timor Leste 3-1 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (6/11/2019) kemarin.

Kemenangan di pekan pertama menjadi modal apik bagi Garuda Nusantara, julukan Timnas Indonesia U-19 guna menjaga asa melaju ke fase berikutnya. Sebab selain mendominasi pertandingan, kemenangan melawan Timor Leste U-19 juga turut mengantarkan mereka memuncaki klasemen Grup K.

Adalah Muhammad Fajar Fatur Rachman yang menjadi bintang kemenangan Garuda Nusantara. Ia sukses mendulang dua gol pada menit ke-2 dan 77, serta satu assist yang dikonversi menjadi gol oleh David Maulana menit ke-61. Sedangkan gol hiburan tim tamu dilesakkan Mouzinho De Lima melalui titik putih menit 51.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-19 memuncaki sementara klasemen dengan mendulang tiga angka. Sedangkan peringkat dua dan tiga dihuni Korea Utara dan Hong Kong. Dimana keduanya bermain imbang 1-1 pada laga pembuka Grup K. Sementara Timor Leste terkunci di dasar klasemen.

Usai laga, Fakhri Husaini mengaku bersyukur pasukannya mampu mengamankan hasil positif di pekan pertama. Juru taktik berdarah Aceh itu pun memaparkan beberapa faktor yang akhirnya memberikan kado manis bagi skuadnya saat melakoni pekan pertama melawan Timor Leste.

Ia menilai masuknya Mochammad Supriadi dan kartu merah yang diterima salah satu pemain Timor Leste menjadi kunci kemenangan dalam laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 . "Dua momen itu menjadi faktor kemenangan," jelas dia.

Fakhri memasukkan Supriadi menggantikan Sutan Zico pada menit ke-53 setelah Timor Leste menyamakan kedudukan 1-1 lewat eksekusi penalti Mouzinho De Lima. Kehadiran Supriadi di lapangan membuat posisi Amiruddin Bagus bergeser dari area sayap kanan menjadi penyerang tengah. 

Hal itu praktis membuat serangan Indonesia menjadi lebih menggigit. Tekanan demi tekanan membuat bek Nelson Dos Reis menerjang Bagus dengan keras pada menit ke-58 yang langsung diganjar wasit dengan kartu merah.

Keuntungan jumlah pemain mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia yang menambah dua gol lagi. Pada menit ke-62, Indonesia memaksa Gumario Moreira mencetak gol bunuh diri sebelum kemudian Muhammad Fajar Fathur Rachman menjebol gawang Timor Leste lagi pada menit ke-77 demi memastikan kemenangan 3-1.

"Perubahan Bagus menjadi striker berhasil memberikan tekanan ke Timor Leste. Lalu datang lagi kartu merah yang membuat kami lebih bisa mengendalikan pertandingan dan membuat banyak peluang," jelasnya. 

KLASEMEN SEMENTARA (Grup K)
POS*TIM*MAIN*M*S*K*GM-GK*P

1*Indonesia*1*1*0*0*3-1*3
2*Korea Utara*1*0*1*0*1-1*1
3*Hong Kong*1*0*1*0*1-1*1
4*Timor Leste*1*0*0*1*1-3*0