Gowes Nusantara 2019

Sebanyak 3.500 Pegowes di Martapura Semarakkan Gowes Nusantara 2019

Hermansyah
Sebanyak 3.500 Pegowes di Martapura Semarakkan Gowes Nusantara 2019
Gowes Nusantara 2019 di martapura

Martapura, HanTer - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan,  bekerjasama dengan Kemenpora dan berbagai pihak sukses melaksanakan program  Gowes Nusantara etape Martapura 2019 yang diikuti komunitas sepeda nusantara se Kabupten Banjar, Minggu (3/11/2019) pagi.

Gowes Nusantara 2019 etape Martapura diikuti 3.500 peserta dengan start di depan Stadioan Sepak Bola Damang Lehman, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Etape Martapura dengan lintasan sepanjang 6km bagi peserta Gowes Nusantara kategori Fun Bike dan 25km untuk kategori Sepeda Gunung. Lintasan ini dari titik start menunju ke Bundaran Martapura dan setelah itu putar-balik untuk mencapai finish kembali ke titik start.

Tak pelak, antusiasme masyarakat penggemar olahraga bersepeda ini menjadikan Kota Martapura pada Minggu pagi bagaikan lautan sepeda penuh sesak oleh goweser yang beragam, mulai dari anak-anak sekolah, PNS dan masyarakat umum lainnya.

Gowes Nusantara etape Martapura 2019 yang dihadiri oleh pejabat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), antara lain Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora, Edi Nurindra dan Kadispora Banjar Rakhmat Dhani serta pejabat Pemkab Banjar, diantaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana.

Kadispora Banjar Rakhmat Dhani dalam sambutan mengatakan rangkaian kegiatan Gowes Nusantara etape Martapura kali ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu senam, fun bike  dan sepeda gunung.

“Gowes Nusantara kali ini terbagi menjadi tiga bagian, pertama senam, kedua fun bike dan ketiga sepeda gunung. Untuk senam, seperti yang telah kita laksanakan pagi tadi. Sedangkan fun bike dengan jarak 6 km, seperti kita lihat kini pesertanya telah kembali ke tempat ini. Sementara, peserta sepeda gunung dengan jarak tempuh 25 km, kini masih dalam perjalan,” kata Rakhmat Dhani.

Menurutnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga telah menetapkan Kota Banjar tempat pelaksanaan Gowes Nusantara 2019. ”Dapat saya sampaikan bahwa Kemenpora telah menetapkan Kabupaten Banjar menjadi salah  satu tempat pelaksanaan Gowes Nusantara,” katanya.

Sementara, Pemkab Banjar yang dalam hal ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana, dalam sambutannya mengatkan, menyambut baik atas terlaksananya Gowes Nusantara etape Martapura 2019, dan mengharapkan kepada pihak Kemenpora untuk dapat menjadikan Kabupaten Banjar sebagai ajang Gowes Nusantara ke depan. “Ke depan kami sangat mengharapakan Kemenpora tetap menjadikan Kabupaten Banjar ini sebagai tempat penyelenggaraan Gowes Nusantara,” katanya.

Rakhmat Dhani lembih jauh mengatakan, pelaksanaan Gowes Nusantara sukses, ini ditandai dengan jumlah peserta yang terus meningkat hingga mencapai 3.500 perserta. Kepada para peserta diberikan berbagai hadiah, sedangkan untuk door prize, panitia menyiapkan hadiah berupa sejumlah alat elektronik, 10 unit sepeda serta 2 unit sepeda gunung.

“Lihat, di depan ada 10 sepeda motor dan sepeda gunung serta hadiah hiburan lain, semua ini untuk peserta  yang beruntung pada hari ini,” kata Rakhmat Dhani.

Rakhmat Dhani mengakhiri sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada pihak sponsor yang mendukung acara Goews Nusantara etape Bajar 2010. “Saya mengucapkan terima kasih kapada semua pihak yang mendukung terlaksanakannya acara ini, khususnya para seponsor sekali lagi terima kasih,” pungkasnya.