Kemenpora dan PSSI Klaim Siap Bersinergi dan Jalankan Inpres No 3 Tahun 2019

Hermansyah
Kemenpora dan PSSI Klaim Siap Bersinergi dan Jalankan Inpres No 3 Tahun 2019
Konferensi pers pasca pertemuan Menpora dan Ketum PSSI

Jakarta, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, pada Senin (4/11/2019) menerima Ketua Umum PSSI Komjen Pol Mochamad ‘Iwan Bule’ Iriawan beserta rombongan di kantor Kemenpora.

Orang nomor satu di olahraga Tanah Air itu bersama orang nomor satu di sepakbola yang baru terpilih tersebut, bertemu membahas kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan Inpres tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional.

“Bapak Iwan bersama rombongan datang untuk melaporkan hasil kongres luar biasa dan menyampaikan hal-hal yang perlu dilakukan ke depannya, termasuk persiapan menuju Piala Dunia U-20 tahun 2021, di mana Pemerintah menaruh harapan sangat besar kepada kepengurusan baru PSSI dan harus segera bergerak cepat menjalankan tugas-tugas organisasi. Sesuai perintah Inpres, ‘road map’ sepak bola Indonesia harus segera diselesaikan” ujar Menpora Zainudin Amali kepada wartawan usai pertemuan.

Selain Iwan Bule, rombongan PSSI yang datang adalah jajaran Exco periode 2019-2023, yang baru terpilih dalam kongres luar biasa (KLB) pada Sabtu (2/11/2019) lalu, seperti wakil ketua umum Mayjen TNI Cucu Somantri dan anggota Exco Mayjen TNI Sonhadji. Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria juga turut dalam delegasi itu.

Iwan Bule menyebut bahwa pertemuan dengan pemerintah berjalan baik dan kedua pihak sepakat untuk saling mendukung, bahkan menurutnya PSSI sudah melaporkan persiapan awal terkait Piala Dunia U-20 tahun 2021, termasuk soal stadion dan lapangan latihan. Kemudian, PSSI juga setuju ‘road map’ percepatan sepak bola sesuai Inpres Nomor 3 segera ditindaklanjuti.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah. Pak Menpora juga meminta untuk selalu menjalin komunikasi, tidak selalu dalam suasana formal. PSSI dan pemerintah harus sama-sama bekerja sehingga semua kegiatan berjalan sukses dan lancar. Tentang Piala Dunia U-20, Presiden Joko Widodo juga berpesan bahwa Indonesia jangan hanya sukses penyelenggaraan, jangan hanya di penyisihan saja,” kata Iwan. Hermansyah