Jelang 47th Asian Schools Football U-18 Tahun 2019

Pelatih Umumkan Skuat Elang Muda Asia

Hermansyah
Pelatih Umumkan Skuat Elang Muda Asia
Skuat Elang Muda Asia yang akan berlaga dipentas 47th Asian Schools Football U-18

Jakarta, HanTer - Indonesia bakal menjadi tuanrumah turnamen sepakbola bertitel 47th Asian Schools Football U-18 yang akan berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 15-25 November mendatang. Ajang ini diikuti oleh sedikitnya delapan negara, seperti China, India, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Thailand dan Indonesia.

Skuat Merah Putih yang berjuluk Elang Muda Asia, dibawah penanganan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam hal ini Deputi Pembudayaan Olahraga, bermaterikan seleksi dari Kejurnas PPLP/PPLPD dan SKO yang telah berlangsung beberapa waktu lalu.

Sebanyak 29 pemain telah melakukan pemusatan latihan di lapangan Jagorawi Golf and Club sejak awal Oktober lalu, bahkan serangkaian ujicoba di beberapa kota di Indonesia seperti Solo, Magelang, Padang dan Bogor pun telah dilakukan dengan hasil yang cukup memuaskan.

Tepat sebulan melakukan training camp di Jagorawi yang sekaligus sebagai ajang seleksi para pemain, akhirnya tim kepelatihan harus memilih 20 orang dari 29 pemain yang mengikuti seleksi, sehingga pada Jumat (1/11/2019) malam, Bambang Warsito selaku pelatih kepala pun akhrinya mengerucutkan para pemain yang akan diboyongnya ke Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk melanjutkan pemusatan latihan serta penyesuaian lokasi pertandingan jelang perhelatan. "Kami memulangkan sembilan pemain yang dinilai tidak termasuk dalam kriteria kita," ucap Bambang Warsito usai mengumumkan pencoretan pemainnya.

Ketika ditanya apa kriteria yang diinginkan oleh tim kepelatihan, juru taktik yang akrab disapa Bambang Ito itu mengatakan pemain yang dipilihnya adalah mereka yang mampu bermain secara tim, bahkan pelatih yang membawa tim Merah Putih berstatus sebagai runner-up diajang yang sama dalam dua edisi terakhirnya mengatakan pemain yang dipulangkan lantaran juga kurang bisa memahami skema bermain yang diinstruksikan oleh pelatih.

"Semuanya kita beri kesempatan yang sama untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka saat latihan maupun ujicoba. Yang dipulangkan itu kalah akan teknis permainan dan mental bertanding karena mungkin minimnya jam terbang, di mana penilaian kami lakukan saat ujicoba. Kalau sklil antara yang dipilih dan yang dipulangkan hanya berbeda tipis, namun mereka gagal menghuni skuat ini karena kurang bisa bermain secara tim," ucap Bambang Ito.

Setelah melakukan pencoretan, masih tersisa dua pekan jelang perhelatan yang menurut Bambang Ito akan terus diisi untuk pemantapan tim sehingga chemistry para pemainnya lebih terbangun. "Dalam sisa waktu yang ada kita akan terus melanjutkan program pelatihan, salahsatunya adalah meningkatkan kerjasama tim melalui tiga kali ujicoba di Balikpapan, disamping beradaptasi dengan lingkungan tempat berlangsungnya turnamen," paparnya.

Meski demikian, Bambang Ito juga mengatakan jika dari 20 nama yang akan diboyongnya ke Balikpapan, kemungkinan tiga diantaranya dicoret dan akan digantikan oleh M. Supriadi, Komang dan Salman. "Kemungkinan itu bisa saja terjadi, tapi saya masih melihat situasi dan kondisi kedepannya, karena waktunya sangat singkat hanya lima hari mereka bertiga itu bergabung dengan kita, jika itu terjadi, disamping kita tengah menjaga chemistry tim yang ada saat ini, di mana makin hari makin bagus," terangnya.

"Kita akan lihat keadaan kedepannya terkait tiga anak itu (Supriadi, Komang dan Salman-red), apakah bisa 'tune-in' langsung pasca berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-19 pada 6-10 November mendatang," pungkasnya.   

Dari sembilan nama yang dicoret itu antara lain Akmal Fauzan Munandar, Fadli Idrus, Heldiywira Y Silaka, Ikhsan Nul Zikrak, Muhammad Ramadan Sananta, Nofarlon Keranga, Randi Wefa, Septian Farrel dan Taufik Alif.

Sementara itu, Raden Isnanta selaku Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora mengatakan bahwa event bergengsi utk Sepakbola Pelajar Indonesia yang telah memasuki edisi ke-47 ini targetnya adalah Indonesia Juara.

Tak hanya itu, di akun media sosialnya seperti facebook, Pria asal Kulon Progo itu juga meminta dukungan masyarakat Indonesia agar kompetisi internasional tingkat pelajar ini lancar dan menghasilkan spirit serta semangat untuk kemajuan bagi para talenta pesepakbola muda Indonesia. Hermansyah

Berikut 20 Nama Skuat Elang Muda Asia  

1. SABDA YOGA BHUANA PUTRA = KIPER
2. HENDRIKUS RANI KUMI = KIPER
3. M. ZEIN A MANILET = BELAKANG
4. WENVI ADHANA = BELAKANG
5. NICOLAS SAPUTRA = BELAKANG
6. BAGHAS ARGA SYACHPUTRA = BELAKANG
7. FATUR ADAM SETIAWAN = BELAKANG
8. SANDI KUSUMAH = BELAKANG
9. FRAME FADILAH NUR RAHMAN = BELAKANG
10. ASDI OHORELLA = TENGAH
11. JASON ARMANDITJANDI = TENGAH
12. MUHAMAD REZA AL FARIZ = TENGAH
13. FERNANDO AHMAD FAUZAN = TENGAH
14. IKWAN ALI TANAMAL = TENGAH
15. SULISTIANTO = SAYAP
16. LUTHFI ELHAKIM SARAGIH = SAYAP
17. CHRIS ROBERT RUMBIAK = SAYAP
18. AHMAD ATHALLAH ARAIHAN = STRIKER
19. RIZKY ARMANDO = STRIKER
20. RABBANI TASNIM SIDDIQ = STRIKER