Peserta Mancanegara Ramaikan IOXC 2019

Eka
Peserta Mancanegara Ramaikan IOXC 2019
Ilustrasi (ist)

Jakarta, HanTer - Sebanyak 12 negara termasuk Indonesia selaku tuan rumah, turut meramaikan kejuaraan olahraga ekstrem bertajuk Indonesia Open X-sport Championship (IOXC) yang bergulir di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada 25-27 Oktober 2019.

Di luar Indonesia, 11 negara peserta lain yang turut memeriahkan perhelatan diantaranya berasal dari Perancis, Singapura, Jepang, Kanada, Malaysia, Brunei, Australia, Thailand, Filipina, China, dan Amerika Serikat.

Kesemua negara peserta, pun, akan unjuk skill dan kemampuan untuk menjadi yang terbaik pada perhelatan IOXC 2019. Dimana terdapat enam nomor disiplin unggulan dari olahraga ekstrem yang dilombakan oleh kalangan profesional, ditambah satu laga ekshibisi yang di peruntukkan bagi anak-anak dibawah usia delapan tahun (U-8).

"Pada IOXC 2019, total ada tujuh (disiplin -red) yang di pertandingkan," kata Arief Nurbani Siswoyo selaku Kepala Bidang Pengelolaan Olahraga Petualangan, Tantangan, dan Wisata Kemenpora, Jumat (24/10/2019).

"Enam disiplin merupakan yang utama, seperti BMX, aggressive inline skate, skateboard, free style soccer, free style basketball, B-Boy (breakdance pria). Satu lainnya merupakan ekshibisi panjat dinding untuk kids," sambung dia.

Mengenai jumlah atlet, di perkirakan lebih dari 300 peserta turut ambil bagian untuk meraih gelar juara pada IOXC 2019 yang merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga.

Selain diikuti 300 peserta lomba dari berbagai negara, termasuk Indonesia selaku tuan rumah, IOXC di karang anyar turut menita perhatian dari masyarakat setempat untuk menyaksikan langsung olahraga ekstrem di wilayah mereka.

Mewakili Menpora Zainudin Amali, Raden Isnanta selaku Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora menuturkan, banjirnya animo membuat olahraga ekstrem menjadi salah satu cabang olahraga yang di gemari. 

"Ini contoh saja bahwa sudah jelas pesertanya berasal dari berbagai daerah cukup banyak dan para penonton cukup antusias untuk menonton. Pastinya ini akan terilhami agar kedepan ingin jadi atlet ekstrem," ujar dia disela seremoni pembukaan IOXC 2019.

Selain mempertandingkan olahraga ekstrem, juga dilaksanakan kegiatan lainnya untuk memeriahkan rangkaian IOXC 2019, seperti panggung kreativitas masyarakat Karang Anyar, Bazar UMKM dan Sponsorship, Photobooth 360, serta Wall of Fame untuk mewadahi pesan masyarakat tentang kegiatan tersebut.