International Football Championship (IFC) 2019

Final Kepagian Timnas Pelajar U-15 Kontra PFA Bali

Hermansyah
Final Kepagian Timnas Pelajar U-15 Kontra PFA Bali
Laga Timnas Pelajar U-15 Kontra Malaysia Felda United

Badung, HanTer - Timnas Pelajar U-15 lolos ke babak empat besar International Football Championship (IFC) 2019 yang berlangsung di Stadion Beji Mandala, Desa Pecatu, Badung, Bali, setelah tampil menjadi runner-up Grup A dengan mengemas empat poin.

Dilaga terakhir penyisihan Grup A, anak asuh Rochy Putiray itu menelan kekalahan pertamanya dalam turnamen ini dengan skor 0-1 saat menghadapi Felda United. Al hasil, wakil dari Malaysia itu tampil sebagai juara grup A dengan mengemas poin enam, pada Rabu (23/10/2019)

Sedangkan saingan terberat Indonesia untuk merangsek ke fase selanjutnya yakni Korea Selatan, menelan kekalahan 0-1 dari China. Sebelumnya pada laga pertama turnamen IFC 2019, Adriano Manuri cs menang 2-0 atas Shi Jia Zhuang asal China dan ditahan imbang 1-1 oleh Geum Cheon FC dari Koreea Selatan.

Kekalahan pertama yang diderita oleh tim dari Indonesia itu setelah penampilan Abdul Mubin bin Ab Wahab pada menit ke-11 sukses meloloskan diri dari sergapan dua pemain bertahan Timnas Pelajar U-15, sebelum tendangan kaki kanannya menghujam deras gawang Raka Octa Bernanda. Skor 1-0 untuk Felda United yang bertahan hingga jeda babak pertama.

Tertinggal satu gol membuat pemain yang melakukan TC di Bandung Jawa Barat itu langsung menggebrak pertahanan Felda United. Mereka berani bermain keluar, menekan pertahanan lawan.

Setidaknya tiga kali serangan bertubi-tubi dilancarkan, mulai dari sektor kanan, kiri maupun tendangan langsung dari tengah, namun segenap upaya itu belum menyamakan keadaan. Skor tak berubah hingga babak pertama berakhir.

Dibabak kedua, intensitas permainan semakin sengit bagi kedua tim. Akselerasi Richardo Kaka saat memainkan sikulit bundar mampu melewatkan pemain Malaysia Adam Haikal Bin Misron.

Umpan terobosannya mampu dikuasai oleh Adriano Manuri, namun tembakannya mampu diblok oleh kiper Malaysia Mohamad Hakimie, sehingga mengenai bagian dari alat vitalnya. Al hasil sang kiper harus ditarik keluar lantaran tak bisa meneruskan pertandingan.

Kiper pengganti, Aif Danish berhasil mengamankan gawangnya, di saat tim Pelajar U-15 dihadiahi wasit tendangan pinalti, lantaran Amir Akmal dinilai sang pengadil melanggar Adriano Manuri di kotak terlarang.

Namun, Donny Januard Yoku gagal melaksanakan tugasnya sebagai eksekutor tendangan penalti pada menit ke-44, setelah arah tendangannya terbaca oleh kiper Aif Danish. Skor 1-0 untuk Felda United pun tak berubah hingga laga usai.

Evaluasi dari laga ketiga untuk fase semifinal, Rochy Putiray mengatakan jika anak asuhnya bermain kurang tenang, sehingga yang timbul adalah rasa takut dan khawatir daripada keinginan bermainnya. "Rasa takut dan khawatir menyelimuti perasaan mereka sehingga tampil tidak maksimal di menit-menit awal, pasca kemasukan, baru mereka bangkit mengejar ketertinggalan," ucapnya.

Untuk meraih tiket final, Timnas Pelajar U-15 akan menghadapi Tim Paradise Football Academy (PFA) Bali. Rochy mengatakan sektor tengah dan depan harus lebih tajam untuk menembus pertahanan sekaligus menjebol gawang juara Grup B itu serta transisi pasca menyerang.

Sementara itu, manajer Timnas Pelajar U-15, Ray Manurung mengatakan jika anak asuh Rochy Putiray itu bermain sangat semangat, meski minor dihasil akhir. Akan tetapi dirinya berjanji jika dilaga selanjutnya Adriano Manuri akan tampil lebih baik lagi.