International Football Championship (IFC) tahun 2019

Timnas Pelajar U-15 Siap Tempur di IFC 2019 Bali

Hermansyah
Timnas Pelajar U-15 Siap Tempur di IFC 2019 Bali
Timnas Pelajar U-15 Kemenpora saat berlaga di IBER CUP 2019

Jakarta, HanTer - Timnas Pelajar U-15 siap mengikuti Turnamen Sepakbola International Football Championship (IFC) tahun 2019 yang akan berlangsung di Badung, Bali, pada 21 hingga 25 Oktober mendatang. Tim dibawah naungan Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora tersebut, bermaterikan para pemain yang sukses berada di tempat ketiga dalam ajang IBER Cup 2019 yang berlangsung di Estoril, Portugal pada Juli lalu.

Pasca mendapatkan pengalaman bertanding di level internasional, tim yang kini diarsiteki oleh mantan pemain nasional Rochy Putiray itu, dalam persiapannya melakukan training camp di Bandung, Jawa Barat.

Ray Manurung selaku manajer tim mengaku jika Timnas Pelajar U-15 dalam kondisi siap tempur. "Anak-anak sudah mempersiapkan diri dan mendapatkan gemblengan di Bandung, Jawa Barat. Mereka sudah siap untuk mengikuti turnamen ini dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara di depan publiknya sendiri," ucap Ray Manurung.

Sebanyak 19 pemain akan diboyong ke Pulau Dewata, antara lain Raka Octa, Safiyudin Timin, Rhoben Pulanda, Sahrul Awadi, Masya Msen
, Emerson Manurung, Desman Wakerkwa, Richardo Youwe, Andryansyah, Marsello Buara, Muhammad Bahari, Adriano Manuri, Doni Yoku, Dafa, Sewori Aisoki, Martin Rakian, Cosmas Kamarka, Elia S dan Akbar.

Turnamen ini diikuti oleh delapan tim, antara lain Shi Jia Zhuang dan Shengle FC dari China, Progresso Sano dari Jepang, Felda United dari Malaysia, A.C Academy dari China Taipei dan Geumcheon FC dari Korea Selatan, serta dua tim tuan rumah seperti Timnas Pelajar U-15 dan Tim Paradise Football Academy (PFA) Bali.

Hasil drawing, Timnas Pelajar U-15 berada di Grup A bersama Shi Jia Zhuang dari China, Felda United dari Malaysia, serta Geumcheon FC dari Korea Selatan, sedangkan selebihnya berada di Grup B.

Sementara itu, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta yang dalam empat tahun terakhir ini sangat concern terhadap pembinaan usia muda kususnya dicabor sepakbola, terlebih pasca terbitnya Inpres No.3 Tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional, mengatakan bahwa tim ini merupakan hasil seleksi dari kompetisi Liga Berjenjang U14 Piala Menpora tahun 2018 lalu yang terus ditempa dalam pemusatan latihan di Bandung dan terus diberi peluang mengikuti kompetisi internasional, guna mengasah mental bertanding dan mendapatkan jam terbang.

"Hal ini untuk makin memantapkan pengalaman dan kematangan dalam bertanding. Kami yakin anak-anak potensial ini akan terus berkembang menuju prestasi tinggi kedepannya," ucap Raden Isnanta.

Lebih lanjut, pria asal Kulon Progo itu meyakini jika tim racikan Rochy Putiray itu kedepannya akan menjadi generasi emas pengganti para seniornya dilevel atas timnas Indonesia. "Selain secara berkesinambungan melakukan pemusatan latihan, sehingga mendapatkan chemistry diantara pemain, upaya ini mendorong mereka sebagai generasi selanjutnya dilevel timnas yang mampu mengharumkan nama bangsa dan negara," pungkasnya.

Adapun pembukaan dan penutupan turnamen ini akan berlangsung di Ikon Kampung Bola Internasional di Gunung Payung Desa Kutuh. Pembukaan akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2019, sedangkan pertandingan akan dilaksanakan di dua tempat yakni di Stadion Beji Mandala Desa Pecatu dan Stadion I Ketut Lotri, Desa Kutuh mulai dari tanggal 21 - 25 Oktober 2019, namun khusus di partai final akan diselenggarakan di Stadion I Ketut Lotri.

Nantinya masing-masing juara akan memperoleh hadiah berupa piala, piagam dan medali. Termasuk pemain terbaik di posisinya masing-masing seperti penjaga gawang, pemain belakang, pemain tengah dan pemain depan serta top skor juga diberikan penghargaan berupa piala, piagam dan medali.

Ajang ini helat karena selain bertujuan untuk pembinaan sepak bola khususnya anak-anak, juga bertujuan sebagai sport tourism, mengingat Bali dan Badung khususnya, sebagai destinasi wisata dunia, sehingga event ini perlu digarap secara serius karena sebagai pasar wisata baru.

#timnas   #U15   #Pelajar   #Kemenpora