World Junior Championships 2019

Empat Wakil Indonesia ke Semifinal

Hermansyah
Empat Wakil Indonesia ke Semifinal
Yonathan Ramlie

Kazan, HanTer - Setidaknya terdapat empat wakil Indonesia dari empat sektor kecuali tunggal putri, tampil di babak semifinal World Junior Championships 2019 yang berlangsung di Kazan, Rusia.

Keempat wakil Indonesia itu adalah Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil di sektor ganda campuran, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi disektor ganda putri, Leo Rolly Carnando yang kini turun di ganda putra berama Daniel Marthin, serta Yonathan Ramlie dari sektor tunggal putra.

Leo/Indah melaju keempat besar usai menundukkan wakil Hong Kong atas nama Lui Chun Wai/Leung Sze Lok dengan skor 22-20 dan 21-11. Febriana/Amalia melangkah ke semifinal usai menjungkalkan wakil Jepang Atsumi Miyazaki/Chihiro Uchimaya dengan skor 24-22, 17-21 dan 21-17.

Sedangkan Leo/Marthin mengalahkan wakil Inggris dengan mudah atas nama Rory Easton/Ethan Van Leeuwen 21-13 dan 21-11. Kemudian Yonathan mengalahkan wakil Malaysia, Shahyar Shaqeem dengan skor 21-16, 17-21 dan 21-19.

Usai laga, Yonathan mengaku tegang saat tampil menghadapi Shahyar, lantaran k mau menyia-nyiakan kesempatan yang telah ia dapat, di mana sebelumnya sukses mengalahkan unggulan tiga asal China di laga perempat final.

"Saya tidak menyangka bisa ke semifinal, karena dari awal tahun prestasi saya kurang bagus, kalah di babak awal. Sekarang bisa masuk semifinalnya di WJC, mudah-mudahan hasilnya  bisa lebih baik dari semifinal," ujar Yonathan usai laga. 

"Kemarin saya mengalahkan pemain unggulan, jadi saya mikir kalau hari ini saya punya kesempatan, ini membuat saya merasa agak tegang. Lawan hari ini cukup bagus, dia banyak main no lob, nggak mau angkat bola. Tadi saya banyak adu di bola-bola atas, karena bola atasnya lawan tidak terlalu bahaya. Saya juga sering merusak tempo main lawan," tambahnya.

Sementara itu, Bobby Setiabudi gagal mengikuti langkah Yonathan, setelah dikalahkan unggulan pertama asal Thailand, Kunlavut Vitidsarn dengan skor 21-17, 16-21, 14-21. 
 
Selanjutnya, Yonathan akan menghadapi Kunlavut untuk memperebutkan tiket final. "Dia adalah pemain yang lebih matang, lebih banyak pengalaman. Nanti saya harus mau ngadu dan lebih tahan lagi," pungkasnya.