SUPERLIGA JUNIOR 2019

PB Djarum Bertekad Pertahankan Dua Gelar Juara

Eka
PB Djarum Bertekad Pertahankan Dua Gelar Juara
Jumpa Pers Badminton Superliga Junior 2019 di Jakarta (Eka/HanTer)

Jakarta, HanTer - Tim PB Djarum bertekad untuk mempertahankan gelar dalam kejuaraan bulutangkis beregu bertajuk Caffino Superliga Junior yang berlangsung di GOR Magelang, Jawa Tengah, pada 15-20 Oktober mendatang.

Dalam Superliga Junior tahun ini, PB Djarum dibawah asuhan pelatih Antonius Budi Ariantho menurunkan empat tim yang akan bertarung di semua kategori, yakni U-17 Putra, U-17 Putri, U-19 Putra dan U-19 Putri.

Antonius menerangkan, tahun ini PB Djarum bertekad menorehkan tinta prestasi yang lebih baik dibanding musim lalu. Akan tetapi, saat ini ia realistis untuk lebih dulu mempertahankan gelar. Dimana pada edisi 2018, mereka menyabet dua trofi, yakni kategori U-17 Putri dan U-19 Putra.

"Berbicara target, tahun lalu kita mendapat dua gelar. Dan setidaknya kita akan coba pertahankan gelar itu. Mestinya ini bisa kita capai, karena tahun lalu atlet-atlet kita usianya masih muda. Jadi ada peluang untuk pertahankan gelar di (Superliga Junior -red) tahun ini," kata Antonius dalam jumpa pers di Ayana Ballroom, Mid Plaza Sudirman, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Setali tiga uang. Hal yang sama juga di bidik tim bulutangkis dari PB Exist. Pada Superliga tahun lalu, mereka juga menggondol dua gelar, yakni kategori U-17 Putra dan U-19 Putri. Namun tak bisa di pungkiri, tahun ini mereka ingin melampaui target dibanding musim lalu.

"Bagi kami mengikuti Superliga menjadi suatu hal yang membanggakan. 2018 kita bisa meraih piala di U17 Putra dan U-19 Putri, tentu jika ditanya optimis, kita pasti optimis. Bagi kami, status juara menjadi sebuah kebanggaan klub. Jadi kami haris optimis mempertahankan gelar," ucap Hendro Santoso selaku Wakil Manajer Tim Exist ditempat yang sama.

Lain cerita dengan Mutiara Cardinal. Persaingan ketat membuat mereka sadar sangat sulit untuk meraih gelar juara. Namun setidaknya Mutiara Cardinal bertekad tembus tiga besar. Sementara di kubu PB Jaya Raya, mereka bertekad untuk menghapus kutukan dengan meraih gelar pada Caffino Superliga Junior tahun ini.

Ya, PB Jaya Raya nihil gelar tahun lalu. Sejatinya mereka nyaris mendapatkan satu trofi di nomor beregu U-17 Putri. Akan tetapi mereka takluk ditangan PB Djarum dengan skor 3-1. "Kita maksimalkan lagi latihannya baik di putra maupun putri agar bisa mengalahkan klub-klub yang ada disini untuk juara," ujar Erwan Purnomo selaku staf pelatih tim.

Perlu diketahui, Superliga Junior 2019 mempunyai format yang sama seperti edisi sebelumnya, yakni terbagi dalam dua kelompok usia (U-17 dan U-19). Dari dua kelompok usia akan terbagi empat kategori yang otomatis memperebutkan empat trofi.

Kategori U-17 Putri akan memperebutkan Piala Yuni Kartika, Kategori U-17 Putra akan memperebutkan Piala Hariyanto Arbi, Kategori U-19 Putri akan memperebutkan Piala Susy Susanti dan U-19 Putra akan memperebutkan Piala Liem Swie King.

Selain PB Djarum, PB Jaya Raya, PB Exist dan PB Mutiara, sembilan klub baik lokal maupun Asia turut serta meramaikan Superliga Junior 2019. Diantaranya PB Sarwendah, Harimau Muda, Kumamoto Jepang, PB SGS PLN, SBA Singapura, Taiwan High School, Jatim United, Blibli.com dan Granular Thailand. 

#superliga   #badminton   #junior   #magelang   #2019   #pbdjarum   #pbsi