BELANDA VS IRLANDIA UTARA

Dua Kontestan Berjuang Menuju Puncak

Eka
Dua Kontestan Berjuang Menuju Puncak
Para pemain timnas Belanda memikul beban tinggi untuk memetik kemenangan (ist)

Rotterdam, HanTer - Baik Timnas Belanda maupun Irlandia Utara sama-sama memasang tekad meraih kemenangan ketika kedua kesebelasan bentrok dalam lanjutan babak kualifikasi Grup C Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Feijenoord Stadium, Rotterdam, Jumat (11/10/2019) dini hari WIB.

Kemenangan berpotensi mendongkrak posisi mereka ke puncak klasemen. Saat ini kedua kesebelasan bertengger di peringkat dua dan tiga. Ya, sebelum memasuki pekan keenam, Irlandia Utara mempunyai peringkat yang lebih baik ketimbang Belanda. Mereka menduduki urutan dua dibawah Jerman.

Namun peluang tim yang berasal dari tanah Britania Raya untuk mengkudeta posisi Jerman cukup terbuka. Sebab mereka mempunyai poin yang sama, yakni 12 angka setelah memetik empat kemenangan dan satu kekalahan dari lima laga yang telah dilalui.

Tak ayal memasuki pekan keenam, tim asuhan pelatih Michael O'Neill sangat berharap anak asuhnya mampu mencuri kemenangan saat bertandang ke markas Belanda.Tiga angka akan mendongkrak posisi mereka ke peringkat pertama sekaligus mengkudeta Der Panzer, julukan Jerman.

O'Neill sadar ketika menghadapi Belanda, timnya hanyalah berstatus non unggulan untuk memetik kemenangan. Apalagi, mereka akan tampil di kandang lawan. Namun sang juru taktik tidak cemas. Sebaliknya, status kuda hitam justru membuat mereka tampil tanpa beban.

Ia mengatakan, tekanan dan beban justru berada didalam benak para pemain Belanda karena tuan rumah di tuntut menang di kandang. Permasalahan itu pun akan coba dimaksimalkan Irlandia Utara untuk mencuri kemenangan ketika kedua kesebelasan bentrok pekan ini.

"Belanda akan menargetkan kemenangan. Saya rasa itu akan menjadi beban bagi mereka.Namun di luar itu, tekanan tuan rumah menjadi celah kami untuk tampil lepas dan juga memberikan kejutan," ujar O'Neill seperti dilansir laman Belfast Telegraph, kemarin.

Di lain sisi, memang betul bahwa Belanda tidak ingin menyiakan kesempatan untuk mengamankan tiga angka saat menjamu Irlandia Utara. Kemenangan juga berpotensi mendongkrak posisi mereka ke puncak klasemen. Dengan syarat, tim asuhan pelatih Ronald Koeman mampu membugnkam tamunya dengan skor minimal 3-0. 

Bila kurang, maka mereka hanya akan menempel Jerman di peringkat dua karena masih kalah produktif dalam catatan gol. Akan tetapi Koeman tidak ingin berbicara matematis. Yang terbesit dalam benaknya ialah bagaimana cara membungkam lawan demi memanaskan persaingan di Grup C. 

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Jumat, 11 Oktober 2019
WAKTU: 01.45 WIB
TEMPAT: Feijenoord Stadium

PERKIRAAN FORMASI
BELANDA (4-3-3): CILLESSEN; BLIND, DIJK, LIGT, VELTMAN; ROON, JONG, WIJNALDUM; BABEL, DEPAY, MALEN
Pelatih: Ronald Koeman

IRLANDIA UTARA (4-5-1): FARRELL; LEWIS, EVANS, CATHCART, DALLAS; MCGINN, MCNAIR, DAVIS, SAVILLE, EVANS; WASHINGTON
Pelatih: Michael O'Neill