ONE CHAMPIONSHIP 2019

Eko Roni Tekad Bangkit Pada Duel Kedua di Istora

Eka
Eko Roni Tekad Bangkit Pada Duel Kedua di Istora
Eko Roni Saputra (ist)

Jakarta, HanTer - Juara gulat Indonesia, Eko Roni Saputra masih tidak bisa melupakan kekalahan pahit dalam debut pertamanya saat mengarungi seni bela diri campuran (mix martial art). 

Tampil kali pertama di ring ONE Championship, Eko menelan kekalahan TKO diujung ronde pertama ditangan Niko Soe dari Singapura. Tentu kekalahan seperti ini dapat dengan mudah membuat orang lain putus asa. Namun bagi Eko, hasilnya sama sekali tidak mengejutkan.

“Saya merasa itu adalah hal yang normal, karena ini adalah pertama kalinya saya berkompetisi di MMA, dan saya hanya memiliki enam bulan pelatihan. Saya pada dasarnya memulai dari nol, saya mulai dari nol di MMA, tapi yang pasti, saya belajar banyak dari kekalahan itu," kata Eko.

"Saya benar-benar gugup, karena itu merupakan pertarungan pertama saya di MMA, dan saya masih tidak tahu terlalu banyak tentang apa yang harus dilakukan untuk pertarungan yang baik di MMA," sambung dia.

Pada 25 Oktober mendatang, Eko memiliki kesempatan untuk bangkit kembali dan mencatatkan kemenangan pertamanya dalam seni bela diri campuran tersebut saat ia akan menghadapi petarung Filipina Kaji Ebin di ONE: DAWN OF VALOR di Istora Senayan Jakarta. 

Kali ini Eko mengatakan bahwa dia tahu apa yang dilakukan untuk memenangi laga tersebut. "Saya harus lebih fokus, lebih konsentrasi, dan juga lebih santai dalam laga saya berikutnya agar saya bisa melakukan yang lebih baik," katanya.

Berlatih bersama beberapa seniman bela diri terbaik dunia di Evolve MMA di Singapura juga merupakan elemen yang sangat membantu dia untuk mempersiapkan segala halnya sebelum laga nanti. Berada di sekitar juara dunia, kata Eko, merupakan suatu berkah.

“Saya berlatih MMA dengan teman-teman di Evolve setiap hari, dan saya sangat bersyukur bisa berlatih dengan beberapa pelatih terbaik dan paling berpengalaman di dunia, dan saya bahkan berteman dengan beberapa juara dunia,” ujar dia.

"Semua teman, pelatih, dan rekan setim saya di Evolve selalu membantu memotivasi saya di MMA, dan yang bisa saya katakan kepada mereka adalah ‘Terima kasih.’ Karena itu, saya mendapatkan peningkatan yang signifikan dalam MMA."

Eko akan tampil pasti lebih termotivasi kali ini, mengingat bahwa ia akan bertanding di depan teman-teman dan keluarganya di negara asalnya Indonesia. “Berjuang dan bertanding di negara asal adalah kesempatan yang baik bagi saya karena memiliki motivasi tersendiri untuk melakukan yang terbaik bagi Indonesia,” jawabnya.

"Semua teman dan keluarga saya di Jakarta tidak sabar menunggu, mereka akan sangat senang sekali melihat saya bertarung langsung di Jakarta," kata Eko mengakhiri.