ASIAN SCHOOL FOOTBALL U-18/2019

Elang Muda Asia Genjot Performa Demi Tatap Juara

Eka
Elang Muda Asia Genjot Performa Demi Tatap Juara
Para pemain Timnas Pelajar Indonesia U-18 menjalani sesi latihan sebagai persiapan mengejar gelar juara di Asian School Football 2019.

Bogor, HanTer - Rangkaian porsi latihan terus dilakukan Timnas Sepakbola Pelajar U-18 Indonesia dibawah binaan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Hal itu tak lepas dalam menyongsong tekad meraih gelar juara pada Asia School Football U-18 ke-47 yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, pada 15 hingga 25 November mendatang.

Demi membidik predikat juara di kandang sendiri, tim asuhan pelatih Bambang Warsito telah melangsungkan pemusatan latihan jilid pertama yang berlangsung di Lapangan Sepakbola Jagorawi Golf Country Club, Bogor, Jawa Barat sejak awal Oktober.

Dalam pemusatan latihan jilid pertama, tim pelatih dari Timnas Pelajar Indonesia U-18 Kemenpora akan melihat sekaligus melakukan seleksi dari 30 menjadi 20 pemain yang akan bertugas memperkuat tim berjuluk Elang Muda Asia meraih gelar juara.

Mewakili Bambang Warsito, Asisten Pelatih Irfan Hadiansyah mengatakan, sebanyak 30 pemain yang telah dipanggil dari hasil talent scouting kejurnas antar PPLP/PPLPD dan SKO September lalu, akan menjalani beragam porsi latihan yang disuguhkan dalam kurun satu bulan.

Selanjutnya setelah Pelatnas jilid pertama berakhir, tim kepelatihan Elang Muda Asia akan memutuskan 20 pemain yang diberangkatkan ke Balikpapan pada awal November nanti. Kemudian setiba di Batakan, Elang Muda Asia kembali menjalani pemusatan latihan selama 10 hari.

Berbicara tentang target juara, Irfan yakin skuadnya mampu mewujudkan hal tersebut. Sebab dalam dua edisi sebelumnya, Timnas Pelajar Indonesia U-18 kerap menunjukkan taring meski tampil jauh dari tanah Ibu Pertiwi.

Dimana pada tahun lalu, Timnas Pelajar Indonesia U-18 menduduki posisi runner-up saat bertolak ke India. Hal yang sama didapat pada 2017 di Iran.Tak ayal bila tahun ini Elang Muda Asia menargetkan meraih gelar juara kala tampil dihadapan publik sendiri.

"Tahun ini kita target juara. Sebelumnya di tahun 2018 kita peringkat dua di India. Terus 2017 kita juga runner-up di Iran. Jadi setelah dua kali runner-up, kali ini kita optimis (juara -red)," kata Irfan Hadiansyah usai memimpin sesi latihan di Bogor, Jawa Barat, Jumat (4/10/2019).

Mengenai lawan terberat, Thailand menjadi penjegal Indonesia dalam meraih asa menggenggam juara pada gelaran sebelumnya. Namun, Elang Muda Asia optimis bahwa mereka tidak akan kembali tersandung untuk menorehkan prestasi tertinggi pada edisi tahun ini.