World Junior Championships 2019

Hantam Hong Kong, Indonesia Hadapi Thailand di Semifinal

Hermansyah
Hantam Hong Kong, Indonesia Hadapi Thailand di Semifinal
Christian Adinata memastikan langkah Indonesia ke empat besar

Kazan, HanTer - TIm bulutangkis Indonesia  melangkah ke babak semifinal setelah menaklukkan Hong Kong dengan skor 3-0 dalam babak perempat final World Junior Championships 2019 yang berlangsung di Kazan, Rusia, Kamis (3/10/2019).

Di empat besar nanti, Christian Adinata cs akan menghadapi Thailand yang sebelumnya menundukkan Perancis dengan skor yang sama.

Poin pertama di raih tim Indonesia melalui performa apik ganda campuran Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil yang mengalahkan Lui Chun Wai/Yeung Pui Lam, dengan skor 16-21, 21-13 dan 21-17. Putri Kusuma Wardani menambah poin untuk tim Indonesia menjadi 2-0 dengan menundukkan Cheng Sin Yan Happy Serena, dengan skor 21-7 dan 21-18. 

Sedangkan tunggal putra Christian Adinata yang tampil dipartai ketiga, memastikan tim Merah- Putih berlaga diempat besar dengan menundukkan  Jason Gunawan, melalui skor 21-14, 21-23 dan 21-10.

Bertemunya Indonesia dengan Thailand di babak semifinal perebutan Piala Suhandinata di World Junior Championships 2019 ini, merupakan ulangan final beregu Asia Junior Championships 2019. Kala itu Indonesia yang sudah unggul 2-0 akhirnya ditaklukkan Thailand dengan skor 2-3.

Susy Susanti selaku Manajer Tim Indonesia, sekaligus Kabidbinpres PP PBSI, berharap pada ajang ini keberuntungan berada pada timnya.  “Di AJC kan kami nyaris menang dari Thailand, mudah-mudahan sekarang menang. Kami belajar dari pertemuan sebelumnya, kalau pertandingan belum berakhir ya harus siap terus, namun kami optimis bisa mengatasi Thailand kali ini, asalkan anak-anak yakin dan berani di lapangan. Untuk kekuatan, saya rasa imbang ” ujar Susy Susanti.

Peraih medali emas Olimpiade Barcelona tahun 1992 itu mengaku cukup puas dengan penampilan tim junior di laga perempat final melawan Hong Kong kemarin. “Memang sesuai prediksi, ganda campuran Hong Kong sudah kami pantau dan lumayan bagus. Leo (Rolly Carnando)/Indah (Cahya Sari Jamil) juga baru diturunkan hari ini, jadi fokusnya dan kerjasamanya masih kurang,” kata Susy.  

  “Kalau Putri, mainnya bagus, Christian pun begitu walaupun engkelnya tertarik. Tapi di game ketiga dia malah mainnya taktis, seharusnya kan memang begitu. Tapi namanya pemain muda kan masih mencari jati diri dan style bermain mereka. Jam terbang berbicara, kami bisa maklumi,” sebut Susy.

Tim Indonesia akan menghadapi Thailand pada hari Jumat (4/10), pukul 17.00 waktu Kazan atau sekitar pukul 21.00 WIB. Di pool bawah, tim Tiongkok melaju ke semifinal dan akan berhadapan dengan Jepang.