Sumpah Pemuda

Kemenpora Launching Bulan Pemuda dalam Semarakkan Hari Sumpah Pemuda 2019

Hermansyah
Kemenpora Launching Bulan Pemuda dalam Semarakkan Hari Sumpah Pemuda 2019
Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh (tengah) didampingi Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta (kanan) dalam Launching Bulan Pemuda

Jakarta, HanTer - Peran Pemuda dalam perjalanan sejarah merupakan fakta kesejarahan yang tidak bisa dipungkiri, Hos Tjokroaminoto mendirikan Syarekat Islam pada usia 30 tahun, Soekarno mendirikan partai terbesar di jamannya (PNI) pada usia 26 tahun, Kemudian majelis Islam A laa Indonesia sebagai cikal bakal partai Islam terbesar di jamannya yakni partai Masyumi oleh Hasyim Asyari pada usia 26 tahun. Semua hal tersebut ialah fakta perjalanan bangsa. 

 

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. H.M Asrorun Niam Sholeh MA, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI dalam Launching Bulan Pemuda, menyambut Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 tahun 2019 di Halaman Kemenpora RI, Selasa (01/10/2019) malam.

 

“Hari Sumpah Pemuda ke 91 ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju” sebagai simbol bersatunya semua elemen pemuda bangsa Indonesia dalam mewujudkan visi kepemimpinan Nasional Bangsa yakni SDM UNGGUL INDONESIA MAJU” papar Niam.

 

Launching bulan pemuda ini ditandai dengan kegiatan Silaturahmi Tokoh Legenda Pemuda (Mantan menteri dan Tokoh Pemuda dan Olah Raga, dan Mantan aktivis Pemuda). Kegiatan Pemuda Bershalawat juga akan dihadiri oleh sederetan Tokoh Pemuda, Aktivis dan Undangan lainnya.

 

Bulan Pemuda yang dicanangkan oleh Kemenpora RI akan disemarakkan dengan beragam kegiatan kepemudaan diantaranya seperti apresiasi Pemuda Berprestasi, yaitu Kepemimpinan Pemuda, Pemilihan Wirausaha Muda Berprestasi, Kepeloporan dan Kesukarelawanan.

 

Kemudian ada presiasi Pemuda Hebat, Anugerah Kota Layak Pemuda, Expo Kewirausahaan dan Kota Layak Pemuda, Talkshow dan diskusi Kepemudaan, Lomba Penulisan Essay Kepemudaan, Pekan Pemuda Kreatif, Apel Sumpah Pemuda, Malam Puncak HSP 2019 dan berbagai kegiatan lainnya.

 

Kegiatan-kegiatan dalam bulan pemuda ini tidak hanya dilaksanakan secara swadaya oleh Kemenpora RI akan tetapi juga banyak kegiatan yang sejenis yang dilaksanakan bermitra dengan lintas kementerian, sejumlah organisasi kepemudaan, pihak swasta dan Lembaga masyarakat lainnya.

“Ini juga sebagai bentuk komitmen kolaborasi pemerintah dengan berbagai elemen masyarakat dalam memeriahkan bulan pemuda, kami juga mengajak dan sekaligus berkeyakinan Kementerian dan lembaga lain akan turut memeriahkan bulan Pemuda ini dengan berbagai kegiatan-kegiatan kepemudaan” tegas Niam sekaligus menutup pidatonya.