Pra-PON XX Zona II Panjat Tebing

Jatim Sudah Koleksi Dua Emas Panjat Tebing dalam Perebutan Tiket ke PON

Hermansyah
Jatim Sudah Koleksi Dua Emas Panjat Tebing dalam Perebutan Tiket ke PON
Pertandingan Pra-PON Panjat Tebing Zona II

Surabaya, HanTer - Ajang prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) XX Zona II yang mulai digelar di Surabaya, Jawa Timur, pada 26 September hingga 1 Oktober 2019, tuan rumah mendominasi dengan menyabet dua emas.

Dua medali emas telah diperebutkan yakni boulder tim putri dan lead tim putra. Untuk kategori boulder tim putri dimenangkan kontingen Jawa Timur disusul Jawa Barat di tempat kedua dan Jawa Tengah di tempat ketiga.

Kontingen Jatim yang diperkuat Fitria Hartani, Choirul Umi Cahyaning Ayub, Kharisma Ragil Rakasiwi, dan Amanda Narda Mutia mampu membukukan 2 top (T), 4 zone (Z), 2 attempt to top (AT), dan 5 attempt to zone (AZ) sehingga berhak menyandang peringkat satu.

Kontingen Jabar diperkuat Widia Fujiyanti, Salsabila, Betty Nawafatus Yoga Nita, dan Aura Paramaratri. Jabar mencatatkan 2 T, 2 Z, 2 AT, 2 AZ.

Sementara, Jateng diperkuat Ndona Nasugian, Gressia Widyartini, Rury Diwira R, dan Susanti Arpiyah. Tim Jateng mencatatkan 1 T, 3 Z, 3 AT, dan 12 AZ.

Medali emas lead tim putra juga dimenangkan tim Jawa Timur. Peringkat dua dan tiga juga diduduki Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Jatim diperkuat Yohanes Angel Rossy Que, Akbar Huda Wardana, dan Rindi Sufriyanto. Jabar diperkuat oleh Muhammad Rizal Ramadhan, Bim Sigrid, dan Dimas Wahyu NR. Sementara, Jawa Tengah diperkuat M Marsudin, M Muamar Izadi, Solikhin.

Wakil Ketua II PP FPTI Pristiawan Buntoro mengungkapkan ada tiga zona penyelenggaraan Pra-PON XXX. Zona I meliputi wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Lampung.

Zona II terdiri dari Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Adapun Zona II terdiri dari wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

"Ini ajang bagi setiap provinsi untuk memperebutkan tiket ke PON XX. Para atlet terbaik dari setiap daerah akan bertarung di sini. Diharapkan akan lahir atlet-atlet berbakat di sini," kata dia.

Ada 14 medali emas yang diperebutkan yakni lead perorangan putra, lead perorangan putri, lead tim putra, lead tim putri, speed WR perorangan putra, speed WR perorangan putri, speed WR tim putra, speed WR tim putri, boulder perorangan putra, boulder perorangan putri, boulder tim putra, boulder tim putri, combined perorangan putra, dan combined perorangan putri.