Indonesia Jajal China Jelang Kualifikasi Piala Asia U-19

Eka
Indonesia Jajal China Jelang Kualifikasi Piala Asia U-19
Fakhri Husaini (ist)

Jakarta, HanTer - Sebelum mengarungi kualifikasi Piala Asia U-19, Timnas Indonesia U-19 akan lebih dulu memantapkan skema permainan. Dimana tim asuhan pelatih Fakhri Husaini dijadwalkan menjajal kekuatan Timnas China U-19.

Menyikapi hal tersebut tentu saja Fakhri mengaku senang ketika skaudnya dapat melawan China dalam dua laga persahabatan pada Oktober mendatang.

“Saya senang PSSI merencanakan uji coba melawan China untuk kami. Hal ini bisa menjadi tolok ukur untuk melihat sejauh mana kemampuan tim ini," ujar dia.

Laga kontra China sendiri rencananya digelar pada 17 Oktober 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya dan 20 Oktober 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Menurut Fakhri, karakter permainan China mirip dengan dua negara Asia Timur yang ada di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, yang merupakan lawan Indonesia, yaitu Korea Utara dan Hong Kong. “Karakter China serupa dengan lawan-lawan kami di grup,” tutur Fakhri.

Menurut pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-16 tahun 2018 itu, laga menghadapi tim seperti China akan membiasakan anak-anak asuhnya untuk berduel dengan lawan yang berpostur lebih tinggi dan memiliki kualitas permainan yang bagus.

Oleh sebab itulah Fakhri berharap sebelum Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 dimulai, ada dua pertandingan uji coba lain yang kontra tim yang juga berasal dari Asia Timur.

“Kami perlu setidaknya diadakan dua kali uji coba lagi dengan lawan seperti China, contohnya seperti Korsel dan Jepang,” katanya.