Konsep Olahraga Air Hiasi Haornas 2019

Eka
Konsep Olahraga Air Hiasi Haornas 2019
Raden Isnanta

Banjarmasin, HanTer - Perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun ini yang ke-36 banyak disuguhkan hal menarik. Terpusat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Haornas 2019 mengusung konsep olahraga air. 

Konsep itu dipilih sesuai dengan letak geografis Banjarmasin yang di kelilingi berbagai sungai termasuk Martapura sebagai jati diri.

Raden Isnanta selaku Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora mengatakan, konsep olahraga air yang di usung dalam Haornas 2019 mempunyai makna yang sangat tinggi.

Dimana hal tersebut mencerminkan adanya semangat baru dalam gelaran Haornas. Bahkan ia menilai, konsep tersebut menjadi salah satu yang terbaik dari sejumlah gelaran sebelumnya. 

"Dari konsepnya kami melihat ada semangat baru dan mungkin ingin menjadi yang terbaik. Itu adalah persaingan yang positif karena pada Haornas sebelumnya juga bagus-bagus. Dan disini akan tampil beda karena menampilkan olahraga perairan," kata Isnanta, Jumat (6/9/2019).

Sementara itu, keseriusan pemerintah provinsi Kalimantan Selatan untuk menyukseskan perayaan Haornas 2019 cukup terlihat. Sebelum menuju puncak pelaksanaan pada 8 September ini, sejumlah rangkaian terus digelar guna mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam rangka memeriahkan serta menyukseskan Haornas di Kalimantan Selatan. 

Pertama, dengan menggelar pameran olahraga dalam Gebyar Haornas 2019. Kemudian dilanjutkan pemecahan rekor MURI pada cabang karate, Gowes Nusantara, dan puncaknya penghargaan kepada stakeholder olahraga berprestasi.

"Kita bersyukur bahwa Kalimantan Selatan mendapat kepercayaan dari Kemenpora untuk menjadi tuan rumah Haornas 2019. Dan tentunya sebagai tuan rumah kita ingin melaksanakannya dengan baik," kata Sahbirin Noor selaku Gubernur Kalimantan Selatan.