Lawan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia Bidik Tiga Angka di Laga Perdana

Eka
Timnas Indonesia Bidik Tiga Angka di Laga Perdana
Pemain Timnas Indonesia (ist)

Jakarta, HanTer - Mengarungi pekan pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Timnas Indonesia bertekad untuk menggenggam tiga angka saat meladeni Malaysia selaku rival abadi mereka di Grup G yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019) malam WIB.

Kemenangan menjadi harga mati bagi tim asuhan pelatih Simon McMenemy guna menjaga asa melaju ke fase berikutnya sekaligus membuka harapan untuk tampil pada kejuaraan sepakbola bergengsi sejagat empat tahunan yang berlangsung di Qatar, 2022 mendatang.

Salah satu tekad besar untuk menumbangkan Malaysia di pekan pertama Kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022 zona Asia dikobarkan Irfan Bachdim selaku gelandang serang Garuda, julukan Timnas Indonesia. Pemain milik Bali United itu pun yakin tekad tersebut mampu digapai koleganya.

Bila itu berhasil, maka Irfan Bachdim mampu mengulangi memori manis pada 2010. Saat itu skuad Garuda mampu menumbangkan Harimau Malaya, julukan Malaysia dengan skor 5-1 pada ajang Piala AFF atau turnamen sepakbola bergengsi tingkat Asia Tenggara.

"Saya menganggap pertandingan ini sangat penting. Semoga bisa terjadi seperti tahun 2010," kata Irfan usai berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin.

Laga tahun itu terjadi pada Grup A Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pertandingan itu juga menjadi debut Irfan bersama timnas senior dan Irfan mencetak satu gol pada menit ke-90+4. Dia berperan pada gol pertama Indonesia dari bunuh diri bek Malaysia M.Asraruddin Putra yang tertipu gerakan Irfan sehingga memasukkan bola ke gawang sendiri.

Pemain berumur 31 tahun ini tidak pernah melupakan pertandingan tersebut. "Gol tersebut selalu saya ingat. Namun yang penting saat itu kami berhasil menaklukkan Malaysia," kata Irfan.

Pada AFF 2010, Indonesia gagal menjadi juara setelah kalah dalam agregat 4-2 dari Malaysia. Indonesia berada di Grup G bersama Malaysia, Vietnam, Thailand dan Uni Emirat Arab. Ujian pertama Indonesia adalah menghadapi Malaysia Kamis ini di GBK, disusul lima hari kemudian di stadion sama, menjamu Thailand.