DKI Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Formula E 2020

Sammy
DKI Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Formula E 2020
Kejuaraan balap Formula E

Jakarta, HanTer - DKI Jakarta sebagai ibu kota negara Republik Indonesia memastikan akan menggelar adu balap Formula E, tahun depan atau 2020 mendatang.

Kepastian itu disampaikan langsung Gubernur Anies Baswedan melalui akun Instagram pribadinya, Minggu (14/7/2019) kemarin.

"Alhamdullilah, berhasil. Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan 2020," kata Anies.

Sebelumnya, Gubernur terpilih periode 2017-2022 itu menjelaskan, selepas menghadiri World Cities Summit di Medellin, Kolombia, ia dan rombongan langsung terbang ke New York, Amerika Serikat, untuk menuntaskan negosiasi dengan pengelola Formula E.

Mereka berusaha meyakinkan bahwa Jakarta lebih dari layak menjadi salah satu tuan rumah balap mobil kelas dunia ini.

Formula E adalah turnamen balapan jet darat selevel Formula 1. Bedanya dengan Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik, sehingga bebas emisi. Biasanya balapan diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara.

Pertemuan dengan panitia Formula E itu disiapkan sejak tiga bulan lalu. Pertemuan akhirnya berlangsung pada 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E.

Tim dari Formula E juga sudah datang khusus untuk melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu. 

Dengan dipastikannya Jakarta menjadi salah satu kota yang menghelat Formula E tahun depan, Anies pun akan memaksimalkan guna mendongkrak berbagai hal ke mata dunia. 

"Ini artinya, mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung. Jakarta akan berada di radar perhatian dunia," jelasnya.